Spanduk Marak, Belum Tentu Dukungan Nyata

Sebuah baliho dukungan untuk bakal calon (Balon) Walikota Tangsel Muhamad terpasang di Jalan Raya Ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel, Minggu (9/2).

SERPONG – Meski belum memasuki tahapan kampanye, sejumlah atribut bakal calon (Balon) walikota Tangsel marak bertebaran. Bahkan sudah ramai sejak tiga bulan belakangan ini. Atribut yang dipasang antara lain berbentuk baliho, poster dan spanduk. Atribut dipasang di sejumlah tiang listrik, tembok dan di titik keramaian.

Pantauan Radar Banten, yang marak mewarnai sudut kota antara lain, atribut milik Siti Nur Azizah (anak Wapres KH Ma’ruf Amin) dan Muhamad (Sekda Kota Tangsel). Balon lainnya, memang ada tetapi tidak mendominasi. Malah, belakangan muncul juga baliho Benyamin Davnie (wakil walikota Tangsel).

Salah satu spanduk “yang lain dari yang lain” terpasang di Jalan Raya Ciater, Kecamatan Serpong. Spanduk bertuliskan “Selamat Datang”. Anda telah memasuki kawasan tim sukses dan relawan Drs . H. Muhamad M.Si, Calon Walikota Tangerang Selatan Periode 2021-2026. Mohon doa restu dan dukungannya. Tertanda Korkel Ciater, Kecamatan Serpong.

Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Andi Syafrani via telepon Minggu (9/2), maraknya spanduk belum tentu mencerminkan dukungan nyata warga kepada Balon. Namun, jika spanduk Balon dibuat murni oleh warga, hal itu merupakan sesuatu yang sangat positif. Karena akan berpotensi melahirkan pemimpin yang punya basis kuat di masyarakat.

Ia menyatakan untuk mengetahui apakah spanduk itu dibuat secara sukarela oleh warga atau tidak, ada beberapa indikator. Salah satunya, apakah atribut yang muncul bentuknya variatif, sesuai kemampuan dan model yang dibuat oleh warga sendiri? “Jadi alat peraga yang muncul secara serentak bisa jadi mengindikasikan adanya satu pihak yang menginisiasi,” terangnya.

Saat dikonfirmasi, Balon Walikota Tangsel Muhamad menyatakan spanduk yang bermunculan itu merupakan inisiatif dari warga sendiri. ”Saya enggak pernah minta masyarakat memasang. Tapi, tiba-tiba spanduk saya banyak bermunculan. Saya hanya ucapkan terima kasih saja atas dukungannya,” singkatnya. (you/asp)