RUSIA – Selain adu ketajaman Diego Costa dan Denis Cheryshev yang diyakini bakal menjadi kunci permainan masing-masing tim, pemenang laga Spanyol kontra Rusia juga tergantung dari kreativitas jenderal lapangan tengah. Baik Spanyol maupun Rusia sama-sama memiliki dua pemain kreatif yang layak disebut playmaker.

Di kubu La Furia Roja jelas ada Isco. Gelandang kreatif Real Madrid itu menjadi motor permainan Spanyol. Bola kerap diumpan ke dia sebelum memulai serangan. Alur serangan La Furia Roja memang kerap diawali oleh Isco.

Dari tiga laga di fase grup, Isco selalu tampil penuh dan tak pernah diganti. Kontribusinya dalam kreativitas tim terwujud dari 279 umpan yang telah dia buat. Meski belum membuat assists, namun Isco mengawali proses terciptanya gol-gol Spanyol. Dia pun tak sekadar menjadi kreator, pun bisa menjadi pemecah kebuntuan. Isco telah mencetak satu gol. Bahkan, dia telah melepaskan 6 tembakan dengan 3 di antaranya tepat sasaran.

Spanyol vs Rusia, Timnas Spanyol, Timnas Rusia, Piala Dunia 2018, Babak 16 besar, Isco, Aleksandr Golovin

Isco (kanan) tumpuan Spanyol di lini tengah (Attila KISBENEDEK/AFP)

Peran Isco akan sangat penting dalam laga nanti. Penetrasinya akan mengundang perhatian para pemain Rusia dan apabila tak dihentikan, dia akan menciptakan prahara bagi pertahanan lawan. Pelatih Spanyol, Fernando Hierro, memastikan bahwa Isco akan menjadi salah satu pemain sentral dalam laga nanti.

“Isco? Dia adalah pemain yang brilian dan genius. Ketika ada pemain seperti itu, apakah saya akan menyia-nyiakannya. Tentu saja tidak,” sebut Hierro seperti dilansir JawaPos.com dari Marca.

Statistik Isco di Piala Dunia 2018
Main: 3
Menit Main: 270 menit
Gol: 1
Assists: 0
Umpan: 279
Total Tembakan: 6
Tembakan Tepat: 3
*Sumber: FIFA

Spanyol vs Rusia, Timnas Spanyol, Timnas Rusia, Piala Dunia 2018, Babak 16 besar, Isco, Aleksandr Golovin

Golovin bakal menentukan performa Rusia saat melawan Spanyol (Manan VATSYAYANA/AFP)

Sementara itu, Rusia jelas mengandalkan kegeniusan gelandang muda mereka, Aleksandr Golovin. Dia merupakan pemain paling muda di skuad Rusia dengan umur 22 tahun. Namun, penampilannya mengundang decak kagum. Pada laga pertama melawan Arab Saudi, Golovin mencetak satu gol plus satu assists. Kemudian, saat Rusia menang 3-1 atas Mesir, dia membuat satu assists. Golovin adalah salah satu pemain muda yang paling bersinar di Piala Dunia 2018.

Saat ini, sejumlah pemandu bakat sudah memantau gelandang CSKA Moskow tersebut. Bukan tak mungkin, usai gelaran Piala Dunia 2018, dia akan menjadi rebutan klub-klub elite Eropa.

Dari dua laga yang telah dilakoni, Golovin mencetak 1 gol, membuat 2 assists, melakukan 58 umpan, dan melepaskan 2 tembakan dengan 1 di antaranya tepat sasaran dan berbuah gol. Golovin akan efektif saat Rusia mendapat tendangan bebas. Ini akan menjadi andalan Rusia dalam mencetak gol. Selain direct freekick, Golovin piawai memberikan umpan dari situasi bola mati. Baik itu tendangan bebas maupun sepak pojok. Rusia dikenal pintar memanfaatkan situasi bola mati untuk mencetak gol.

Statistik Golovin di Piala Dunia 2018
Main: 2
Menit Main: 180 menit
Gol: 1
Assists: 1
Umpan: 58
Total Tembakan: 2
Tembakan Tepat: 1
*Sumber: FIFA

(epr/JPC)