Spesialis Pencuri Motor di Parkiran Masjid Disergap

0
879 views
YA alias Nyoo dan HH (duduk) saat berada di kantor Resmob Ditreskrimum Polda Banten Kamis (30/1).

SERANG – Dua pemuda asal Pandeglang diringkus tim Reserse Mobile (Resmob) Ditreskrimum Polda Banten, Kamis (30/1) dini hari. Spesialis pencuri kendaraan bermotor di area parkir masjid ini ditangkap tanpa perlawanan.

Dua pelaku berinisial YA alias Nyoo (32) dan HH (24) itu diamankan di Desa Bojong, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang. YA diketahui telah lama diincar polisi. Belakangan informasi yang diperoleh YA bersembunyi di kediaman HH. Tim Resmob yang dipimpin Inspektur Polisi Satu (Iptu) Yuda Purawan bergerak. Kediaman HH pun disergap.

“Kedua tersangka kami amankan saat berada di Pandeglang Kamis dini hari tadi. Keduanya kami amankan saat berada di rumah tersangka HH,” kata Direktur Reserse Mobile (Resmob) Polda Banten Komisaris Besar (Kombesl) Pol Novri E Turangga.

YA dan HH ditangkap tanpa perlawanan. Saat interograsi, YA mengakui telah enam kali beraksi di wilayah hukum Polresta Tangerang, Polres Cilegon, dan Polres Pandeglang. Motor di area parkir masjid adalah sasaran kedua pelaku.

YA dan HH berbagi tugas. Pengawasan kondisi sekitar dipercayaakan kepada YA. Sementara HH bertugas mencuri motor jamaah masjid tersebut.  “Modus operandi yang dilakukan tersangka dengan merusak kunci motor yang ada di parkiran masjid,” kata Novri.

Selain di area parkir masjid, keduanya menyasar motor yang berada di halaman rumah warga. Motor hasil curian itu oleh kedua pelaku dijual kepada penadah di daerah Cikeusik, Kabupaten Pandeglang. “Kami masih lakukan pengembangan untuk penadahnya,” kata Novri.

Saat penyergapan, dua unit motor Honda Beat diamankan polisi. Yakni, motor Honda Beat nopol  A 1690 LA milik pelaku dan motor Honda Beat nopol A 4161 EA hasil curian. Polisi turut mengamankan kunci leter T sebagai alat kejahatan. “Untuk barang bukti motor, satu unit milik pelaku yang digunakan sebagai sarana kejahatan sedangkan Honda Beat A 4161 EA merupakan hasil kejahatan,” kata Novri.

Sementara YA mengakui telah beberapa kali mencuri motor bersama rekannya HH. Kedua pelaku terakhir mencuri motor Honda Beat milik warga di parkiran Masjid Al Faizah, Kampung Tegal, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang. “Ngambil di parkir, kondisinya saat itu sepi,” tutur YA. (mg05/nda/ags)