Spesialis Penggadai Mobil Rental Diciduk

Belasan unit mobil rental diamankan oleh petugas Satreskrim Polres Serang Kota. Selasa (16/6), belasan mobil tersebut diparkir di halaman Mapolres Serang Kota.

SERANG – Petualangan TS (30), menggelapkan dan menggadaikan puluhan unit mobil rental berakhir sudah. Sabtu (13/6), TS diamankan sejumlah pengusaha rental di Alun-alun Kota Serang usai diburu nyaris dua pekan.

TS dituding telah menggelapkan 24 unit mobil dari delapan pengusaha rental mobil di Kota Cilegon dan Kota Serang. “Total mobil yang digelapkan sebanyak 24 unit dengan berbagai macam merk,” kata pemilik Rental Azkar Car, Adnan Hasan dikonfirmasi, Selasa (16/6).

Kata Adnan, warga Komplek Ciputat Indah, Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang, Kota Serang ini juga menggelapkan satu unit mobil miliknya.

Awalnya, pelaku secara bertahap menyewa tiga unit mobil miliknya sebelum lebaran Idul Fitri 2020. TS berkilah mobil tersebut akan digunakan oleh keluarganya untuk keperluan mudik lebaran. “Dia (pelaku-red) sewa tiga mobil sebelum lebaran. Mobil saya disewa selama satu pekan dengan harga Rp7 juta,” kata Adnan.

Dua unit mobil milik Adnan dikembalikan oleh TS sesuai kesepakatan. Sementara satu unit lagi belum dikembalikan dengan alasan masih digunakan.

Adnan sempat meminta TS segera mengembalikan mobil miliknya. Tetapi, pelaku menghindar dan sulit dihubungi. Adnan kemudian berbagi cerita dengan rekannya sesama pengusaha rental.

Adnan menyadari TS adalah pelaku spesialis penggelapan mobil rental usai berbincang dengan rekannya. Adnan bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam Buser Rental Nasional (BRN) pun memburu TS. “Kita punya tim namanya BRN dan kebetulan saya sebagai ketuanya di wilayah Banten,” kata Adnan.

Perburuan Adnan membuahkan hasil. Terakhir, pelaku dikabarkan berada di Alun-alun Kota Serang. Adnan bersama rekan-rekannya langsung menyergap TS.

Saat diinterogasi, pelaku mengakui perbuatannya. Dia mengaku puluhan mobil rental tersebut digadaikan dengan harga Rp25 juta sampai dengan Rp40 juta. “Digadaikan paling mahal Rp45 juta,” ucap Adnan.

Usai disergap, pelaku diserahkan ke Mapolres Serang Kota. Berbekal pengakuan TS, polisi mengamankan 12 unit mobil milik para korban. Mobil tersebut diketahui berada di daerah Serang, Pandeglang, Lebak dan Tangerang. “Ada 12 unit mobil yang kita amankan,” kata Kasat Reskrim Polres Serang Kota Ajun Komisaris Polisi (AKP) Indra Feradinata.

Indra mengatakan pihaknya masih mencari belasan mobil lain yang belum diamankan. “Sisanya masih kita cari (mobil-red), masih kita kembangkan (kasusnya-red),” tutur Indra. (mg05/nda)