Spesifikasi Lengkap iPhone 12 Mini, Si Mungil yang Powerfull

0
777 views

Hadir terakhir paling akhir dan sesuai dengan namanya, iPhone 12 Mini dapat dikatakan sebagai ‘adik bontot’ dari semua jajaran iPhone 12 series yang telah dirilis ke publik sebelumnya. Diciptakannya iPhone 12 Mini ini karena Apple ingin menyasar para pengguna berbudget rendah tapi ingin memiliki perangkat mobile berkualitas tinggi.

Memang dari segi kualitas dan spesifikasi di dalamnya, iPhone 12 Mini ini tidak dapat dibandingkan head-to-head dengan seri iPhone 12 lainnya, karena sudah tentu kalah telak. Akan tetapi, smartphone ini masih layak untuk dipertandingkan dengan kebanyakan smartphone mungil lainnya, termasuk juga dengan iPhone SE (2020) yang sama-sama memiliki ukuran kecil.

Desain

Dari segi tampilannya, iPhone 12 Mini ini mengadopsi desain ‘kakak-kakaknya’ yang memiliki sisi-sisi tidak lagi tumpul dan mirip dengan iPhone 4 atau iPhone 5. Walaupun terkesan kaku, akan tetapi Apple beranggapan bahwa desain seperti inilah yang nantinya bakal populer di dunia smartphone. 

Di bagian atas, tidak terdapat lubang ataupun tombol apapun yang tersematkan. Ketika melihat di sisi samping kiri, maka akan terlihat tombol untuk mematikan volume atau disebut juga dengan silent button, kemudian di bawahnya terdapat tombol untuk menaikan dan menurunkan volume. Di bawah tombol volume, terdapat tempat untuk memasukkan SIM Card.

Di bagian bawah, terdapat port untuk USB type-C, 2 lubang microphone, 4 lubang untuk speaker in dan di sisi kanan terdapat antena tanam untuk menangkap jaringan 5G serta di atasnya adalah tombol On/Off. Secara garis besar, tidak ada perbedaan dengan desain iPhone 12 lainnya.

Di sisi belakang, akan ditemui modul tempat kamera yang didesain menjorok keluar dan tepat di tengah, ada logo Apple dengan warna yang kontras dan mengkilap. Sedangkan pada bagian muka, akan ditemui layar yang berukuran kecil dengan model poni di bagian atasnya sebagai tempat lensa kamera dan speaker out. 

Casing belakang dan framenya terbuat dari aluminium dan secara layarnya dilindungi dengan Ceramic Shield anti-gores. Terdapat 5 warna pilihan untuk iPhone 12 Mini ini, yaitu hitam, putih, merah, hijau dan biru.

iPhone 12 Mini ini memang tidak hanya nama produk saja karena Apple benar-benar mendesainnya dengan ukuran yang kecil. Bahkan ukuran dari iPhone 12 Mini ini lebih kecil dibandingkan dengan iPhone SE (2020). Dalam perbandingannya, iPhone 12 Mini memiliki panjang 131,5 mm dengan lebar 64,2 mm dan ketebalan 7,4 mm. Bobotnya hanya mencapai 4,76 ons atau setara 135 gram. Sedangkan dimensi total dari iPhone SE (2020) adalah 138,4 x 67,3 x 7,3 mm dan berbobot 148 gram.

Satu hal yang menarik dari iPhone 12 Mini ini adalah walaupun memiliki ukuran yang kecil, akan tetapi smartphone tersebut memiliki kekuatan fisik yang bagus. Tercatat, iPhone 12 Mini telah mengantongi sertifikat IP68 yang memiliki artian tahan benturan, anti-air dan dapat digunakan di berbagai kondisi cuaca, suhu dan kondisi medan. Smartphone ini juga dapat dibawa untuk menyelam sampai kedalaman 6 meter dengan waktu 30 menit. Sebagai perbandingan, iPhone SE (2020) dengan sertifikat IP67 hanya dapat dibawa untuk menyelam sampai kedalaman 1 meter saja dengan waktu 30 menit.

Layar

iPhone 12 Mini menggunakan jenis layar yang sama seperti dipakai pada iPhone 12, yaitu Super Retina XDR OLED. Hanya saja dikarenakan memang mengusung desain mini, maka layarnya pun menyusut jika dibandingkan iPhone 12. Layar iPhone 12 Mini ini hanya berukuran 5,4 inci, lebih besar dibandingkan dengan layar iPhone SE (2020) ataupun iPhone SE generasi pertama.

Apple memang sengaja memilih layar OLED untuk digunakan pada iPhone 12 Mini ini karena dibandingkan dengan LCD, layarnya lebih jernih dan tidak terlalu banyak memangkas daya baterai yang dimiliki. Warna yang ditampilkan pun tidak berlebihan dengan kontras serta saturasi yang natural. Bahkan, jika dibandingkan dengan layar yang digunakan pada iPhone 8 ataupun iPhone XR, layar iPhone 12 Mini ini jauh lebih baik.

Masih sama seperti iPhone 12 series lainnya, layar dari iPhone 12 Mini ini tidak mengadopsi desain bezel-less karena masih terlihat bezel padat di sekeliling layar. Rasio screen-to-body nya sendiri mencapai 85,1 persen. Resolusi layarnya adalah 1080 x 2340 pixels dengan tingkat densitas tinggi, 476 ppi. Bahkan tingkat densitynya itu lebih tinggi dibandingkan dengan yang dipunyai iPhone 11 Pro Max.

Dan seperti yang disebutkan di atas, layar iPhone 12 Mini ini dilapisi dengan material Ceramic Shield yang dapat menahan goresan mayor atau juga benturan minor. Layarnya masih menggunakan coating oleophobic yang tidak akan meninggalkan bekas sidik jari atau sejenisnya ketika baru saja digunakan.

Internal

Beranjak ke bagian dalam, smartphone satu ini juga menggunakan chipset Apple A14 Bionic seperti iPhone 12 series lainnya. Sebagai informasi, chipset A14 Bionic ini menduduki peringkat pertama di deretan chipset kelas atas dunia. Bahkan performa dan kecepatannya mengalahkan produk dari Qualcomm paling baru, yaitu Qualcomm Snapdragon 865 dan 865+. 

Mesin iPhone 12 Mini ini juga support dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang disebut Neural Engine. Teknologi satu ini mulai disematkan oleh Apple sejak dirilisnya chipset Apple A11 Bionic dan terus dikembangkan menjadi lebih canggih lagi sampai generasi terbaru yang dipakai pada iPhone 12 series.

Uniknya, ketika dilakukan uji sistem Geekbench 5 multi-core, nilai untuk performa mesin yang didapatkan iPhone 12 Mini lebih tinggi dibandingkan iPhone 12, yaitu 4,123 poin berbanding 3,859 poin. Saat diujicobakan menggunakan game-game berat, seperti salah satunya Asphalt 9, tidak menjadi masalah untuk iPhone 12 Mini ini. Bahkan saat digunakan untuk mengkonversi video dengan resolusi 4K ke 1080p menggunakan Adobe Premiere Rush untuk mobile, iPhone 12 Mini ini hanya membutuhkan waktu 27 detik saja, sedangkan melakukan hal yang sama, iPhone 11 membutuhkan waktu 46 detik.

Untuk masalah jaringannya, iPhone 12 Mini ini support jaringan 5G. Bahkan penggunanya dapat memilih sendiri apakah perangkat mobile tersebut akan menggunakan mode 5G Auto atau 5G On (manual) atau juga memilih jaringan LTE. Dan seperti yang dimiliki iPhone 12 series lainnya, di dalam iPhone 12 Mini terdapat fitur Smart Data Mode yang berfungsi untuk melakukan pemindahan otomatis dari 5G ke LTE saat jaringan bermasalah dan juga untuk menghemat paketan data yang dimiliki.

Selain chipset, tentu saja iPhone 12 Mini juga dilengkapi dengan prosesor dan kartu grafis. Prosesor di dalamnya adalah Hexa-core dengan clock speed 2×3.1 GHz Firestorm + 4×1.8 GHz Icestorm dan memakain kartu grafis Apple GPU (4-core). RAM yang dimilikinya sebesar 4GB dengan 3 pilihan ROM, yaitu 64GB, 128GB dan 256GB. Tidak terdapat slot untuk microSD sebagai penambah kapasitas internal storagenya.

Kamera

Pada bagian belakang dari smartphone ini terdapat 2 buah lensa kamera dengan resolusi sama, yaitu 12MP. Satu lensa berfungsi sebagai lensa utama yang memiliki aperture f/1.6 dan satu lagi sebagai lensa ultrawide dengan sudut terluas mencapai 120 derajat. Selain sangat bagus untuk digunakan memotret, lensanya juga menghasilkan kualitas yang sama saat dipakai untuk merekam video.

Terdapat banyak fitur yang ditambahkan Apple untuk mendukung fasilitas kameranya ini. Ketajaman dari lensa yang dimiliki iPhone 12 Mini ini juga sangat tinggi. Terbukti, ketika diujicobakan pada saat siang atau malam, hasil yang didapatkan masih sama tajam. Bahkan ketika diadu dengan kebanyakan smartphone kelas atas besutan vendor lain, hasil lensa kamera iPhone 12 Mini tidak tertandingi.

Beralih ke bagian depan, terdapat satu lensa kamera dengan resolusi 12MP. Lensa kameranya ini memiliki aperture f/2.2 yang telah didukung dengan segudang fitur menarik. Sama seperti lensa kamera belakangnya, lensa kamera depannya dapat digunakan untuk memotret dan merekam video sampai resolusi 4K. 

Baterai

Baterai yang dimiliki iPhone 12 Mini ini berjenis Lithium Ion dengan kapasitas 2227 mAh. Memang terkesan sangat kecil sekali kapasitasnya, akan tetapi dikarenakan sisi internalnya sangat membantu sekali dalam pemangkasan pemakaian daya baterai, maka kapasitas tersebut masih dapat ditoleransi. Terlebih teknologi AI di dalam perangkat pun dapat membantu pembagian daya baterai secara imbang dan efisien.

Dalam box pembeliannya, Apple tidak mengikutsertakan charger 20W yang mana dapat dibeli sendiri secara terpisah. Ketika digunakan, dari 0 persen menuju 60 persen dibutuhkan waktu selama 30 menit saja. Saat diujicoba dalam mode bicara di jaringan 5G, baterainya dalam full charge mampu bertahan sampai dengan 7 jam 28 menit.

Selain menggunakan charger iPhone aslinya, pengguna iPhone 12 Mini ini juga dapat memakai MagSafe wireless charger 15W atau juga Qi wireless charger 7,5W yang mana semuanya juga dijual secara terpisah. Anda pun dapat menggunakan daya laptop atau komputer untuk mengisi ulang baterainya menggunakan kabel USB type-C.

Kesimpulan

Memang untuk para pebisnis atau gamer, iPhone 12 Mini bukanlah pilihan tepat karena layarnya dirasa kurang besar untuk digunakan beraktivitas. Hanya saja, bagi yang suka akan desain mungil dan compact seperti yang dimiliki perangkat ini, maka ukuran body dan layarnya tentu tidak menjadi satu masalah yang berarti. Ditambah lagi, bagi orang-orang yang mempunyai tangan kecil, maka ukuran iPhone 12 Mini akan dapat digenggam dengan nyaman.

Terlebih lagi, walaupun memiliki ukuran yang lebih mungil dibandingkan dengan semua produk di jajaran iPhone 12 series, akan tetapi jerohan yang dipunyai tidak dapat dipandang remeh. Mulai dari jenis layar yang digunakan, chipset, prosesor, GPU sampai dengan internal storage dan kamera yang dimilikinya sangat berkualitas dan menawarkan segala kecanggihan yang dimiliki. 

Bahkan untuk ukuran smartphoner berukuran kecil ini, iPhone 12 Mini sudah support dengan jaringan 5G. Sekarang ini sangat jarang ada smartphone di kelas mid-range yang support dengan jaringan 5G. Walaupun dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan kebanyakan produk Android pada umumnya, akan tetapi melihat apa yang dimiliki, sudah lebih dari cukup menjadi bukti apabila iPhone 12 Mini ini memang layak dan pantas dinilai dengan harga yang lebih mahal.