Spot Selfie dan Penghijauan di RT 04

0
662 views

TAKTAKAN – Lingkungan Pancurgede, RT 04 RW 05, Kelurahan Pancur, mulai berubah. Warga membuat spot selfie dan penghijauan untuk menuju penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, 4 Mei nanti.

Di kiri-kanan sepanjang jalan di perkampungan ini, sekira 200 meter, telah berpagar bambu. Lengkap dengan tanaman hijau, seperti tomat dan cabai. Tanaman hias seperti pucuk merah juga mewarnai penghijauan di pinggir jalan.

Di dekat persawahan dengan latar belakang Gunung Pancur, warga membuat spot foto selfie. Warga merangkai kayu dan bambu berbentuk hati. Proses pengerjaannya belum selesai. Namun, sudah terasa bagus.

“Ini hasil kreativitas warga. Ada penghijauan dan spot selfie,” kata Ketua RT 04 Mansur kepada Radar Banten, Selasa (28/4).

Penataan lingkungan RT 04 ini, jelas Mansur, merupakan hasil swadaya warganya. Setiap orang ikut berpartisipasi dengan memberikan iuran seikhlasnya. Ada yang Rp10 ribu, ada yang Rp100 ribu. “Uangnya kita gunakan untuk beli bambu dan ban bekas,” katanya.

Agenda warga RT ini selanjutnya, mengecat pagar bambu dan  spot selfie. Warga menargetkan pekan depan rampung. “Insya Allah, pas juri ke sini, semuanya sudah bagus dan rapi,” ujar Mansur.

Lurah Pancur Dulsalim menambahkan, lingkungan RT 04 yang dihuni 100 jiwa penduduk dari 75 kepala keluarga (KK) ini memiliki potensi besar untuk meraih gelar juara LRLA Kota Serang 2020. “Soalnya, di sini (RT 04-red) lingkungannya bersih dan indah,” katanya.

Namun, bagi Dulsalim, juara bukan tujuan utama mengikuti LRLA. “Terpenting adalah kesadaran warga untuk menjaga lingkungan tetap terjaga. Yang penting aje kendor,” tandasnya. (mg06/don)