Staf Ahli Walikota Serang Segera Disidang

Net. ILUSTRASI

SERANG – Berkas kasus dugaan korupsi pengadaan alat olahraga tahun 20013 senilai Rp2,1 miliar pada Dinas Pemuda dan Olahraga Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Kota Serang, dengan tersangka mantan Kapala disporaparbud Kota Serang Toha Sobirin telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Serang, Jumat (20/11/2015) lalu. Toha yang kini menjabat sebagai Staf Ahli Wali Kota Serang tersebut kini tinggal menunggu hari untuk menjalani sidang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadilan Negeri Serang.

“Kita sudah terima, tinggal menunggu dari Ketua Pengadilan, kapan dan siapa hakim yang akan menyidangkan,” ujar Penitera Muda (Panmud) Pengadilan Negeri Serang Anton Praharta, Senin (23/11/2015).

Posisi Toha Sobirin sendiri pada saat itu merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Ia disangka telah melanggar pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 31 Tahun 1999 tentang perubahan Tipikor jo UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan UU Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberatasan korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KHUP.

Toha menjadi tersangka tunggal dalam kasus ini. Sebelumnya dua orang ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Ditkrimsus Polda Banten. Keduanya yakni Ketua Pokja Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemerintah Kota Serang Andi Heryanto yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Aset Kota Serang dan Direktur CV Viepart Mediatama M Nurdin Aprizal sebagai pemenang lelang.

Dalam proses penyelidikan dan penyidikannya, proyek ini diketahui bermoduskan rekayasa lelang dihampir seluruh alat olaharga yang dibelanjakan oleh Nia yang merupakan salah seorang pengurus Koperasi Kurnia Mediatama. (Wahyudin)