RIO DE JANEIRO- Pelatih Uruguay Oscar Tabarez membuat kejutan saat sesi konferensi pers resmi FIFA, yang digelar untuk laga timnya melawan Kolombia (16 Besar) di Estadio do Maracana, Rio De Janeiro, Sabtu (28/6/2014).

Dikira mau menjelaskan persiapan timnya, Tabarez malah membuat seisi ruang pers di Stadion Maracana tercengang saat bernada geram berbicara soal kasus salah seorang pemainnya, Luis Suarez.

“Saya ingin menyampaikan terlebih dahulu, saya mengundurkan diri dari Komite Teknik FIFA, menyusul keputusan untuk melarang Luis Suarez selama empat bulan,” kata Tabarez.

Seperti diketahui, FIFA telah menjatuhkan hukuman atas kasus gigitan Suarez kepada bek Italia Giorgio Chiellini. Sanksi larangan bermain dalam 9 laga resmi plus tak boleh berkecimpung di dunia sepak bola selama 4 bulan telah diberikan kepada Suarez.

“Sanksi itu sangat berlebihan. Dengan sanksi yang mereka (FIFA) berikan, itu telah menunjukkan nilai standar yang sangat aneh, berbeda dari yang dipahami selama ini,” ujar pelatih berusia 67 tahun itu.

Dia menambahkan, FIFA tak perlu bertindak berlebihan untuk memberikan contoh yang baik.

“Ada bahaya dalam hal (sanksi) ini. Jangan lupa, di dalam inti masalah ini, ada hak seseorang,” tuturnya.

Tabarez juga menyesalkan cara media-media Inggris yang terlalu berlebihan hingga keluar dari inti permasalahan insiden Suarez dan Chiellini itu.

“Para wartawan membuatnya seperti itulah satu-satunya yang terjadi. Saya tidak tahu darimana mereka (media) berasal. Namun mereka semua berbicara bahasa Inggris,” sindir Tabarez yang membuat suasana di ruang pers itu tergambar menjadi lebih tegang.

Di sisi lain, Tabarez menegaskan tidak akan memaafkan apa yang sudah dilakukan Suarez di insiden dengan Chiellini itu. Namun sekali lagi yang dia persoalkan hanyalah panjangnya masa hukuman buat Suarez.

“Saya tidak membenarkan apa yang sudah dia (Suarez) lakukan, saya juga tidak berpikir dia jangan dihukum. Namun sekarang setelah yang dilakukan FIFA, siapa yang menang? Siapa yang kalah? Siapa yang diuntungkan?”

“Untuk Luis Suarez, hanya kepada Luis Suarez seseorang yang kita semua tahu, kamu tidak sendiri,” pungkas Tabarez. (adk/jpnn)