Subadri: LRLA Program Unggulan Pemkot Serang

0
998 views
Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin (berdiri) memberikan sambutan pada Sosialisasi dan Workshop LRLA Kota Serang 2020, Rabu (19/2). Diakuinya, program LRLA menjadi program unggulan Pemkot Serang.

CURUG – Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengajak masyarakat menyukseskan Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Karena, untuk mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya gotong royong menciptakan suasana lingkungan yang bersih dan aman.

“Kampung Resik Lan Aman menjadi salah satu program unggulan Pemkot Serang. Program ini berupaya mendorong kesadaran berapa pentingnya bersih dan sehat,” ujar Subadri saat membuka Sosialisasi dan Workshop LRLA Kota Serang 2020 untuk Kecamatan Curug di aula kantor Kecamatan Curug, Rabu (19/2).

Kecamatan Curug menjadi perhatian khusus Subadri. Alasannya, letak geografis wilayah ini yang diimpit Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B). Makanya, dari sisi kebersihan, keamanan, dan kenyamanan, wilayah Kecamatan Curug harus berbeda jika dibandingkan dengan wilayah kecamatan lain.

“Tentu harus lebih berbeda. Ini ibukota provinsi. Berada di Kecamatan Curug,” terangnya.

Untuk mewujudkan wilayah yang bersih dan aman, Subadri mengajak masyarakat untuk membentuk dan menjadikan dirinya sebagai pribadi-pribadi yang peduli lingkungan. Ia yakin, semuanya akan mudah terwujud jika dilakukan bersama.

“Saya berharap, kebersihan diawali dari diri, rumah, anak, dan lingkungan kita. LRLA tentu harus didorong bersama RT, RW, kelurahan, babinsa, bhabinkamtibmas,” ujarnya.

Subadri menegaskan, pihaknya akan memberikan hadiah khusus bagi lingkungan RT di Kecamatan Curug yang bisa meraih juara dalam LRLA 2020. “Pokoknya untuk Kecamatan Curug khusus. Bagi RT yang dapat juara, saya kasih hadiah,” janjinya.

Camat Curug Andi Heryanto menyebutkan, peserta LRLA di Kecamatan Curug ada 60 lingkungan RT dari sepuluh kelurahan. Ia berharap, tiap RT, RW, dan kelurahan bersama babinsa dan bhabinkamtibmas bisa bersama-sama menyosialisasikan LRLA demi suksesnya acara tersebut.

“Besar harapan kami, LRLA berjalan lancar. Karena, hanya di Curug sosialisasi LRLA dihadiri pimpinan (Wakil Walikota Serang-red),” tukasnya.

Sementara itu, perwakilan Radar Banten Nizar Solihin dalam pemaparannya mengatakan, ada beberapa rangkaian kegiatan dalam LRLA. Di antaranya, sosialisasi dan workhsop, roadshow, penilaian, serta pengumuman pemenang.

“Bulan September pengumuman pemenang,” katanya. “LRLA 2020 melibatkan 402 peserta dari perwakilan RT di 67 kelurahan se-Kota Serang. Ini berdasarkan usulan tiap kelurahan,” sambung Nizar.

Pada bagian akhir, Kasi Orsosmas Ditbinmas Polda Banten AKBP Alimuda Pulungan mengatakan, untuk mewujudkan kampung aman, butuh peran serta semua lapisan masyarakat. Dan, keberadaan poskamling menjadi salah satu unsur penting.

“Melalui kegiatan lingkungan resik dan aman ini, masyarakat bisa paham serta menjaga keamanan dan kebersihan lingkungannya masing-masing,” pungkasnya. (fdr/don/ira)