Sudah Pelajari Pergub Pendidikan Gratis, Siap Dukung

Usep Kusmara

BALARAJA – Setelah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten melakukan sosialisasi Pergub Nomor 31 Tahun 2018 tentang Pendidikan Gratis pada SMA, SMK, dan SKh Negeri, Senin (27/8), Kepala SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang Usep Kusmandar mengaku sudah mempelajari seluruh isi dari pergub.

“Kalau sekarang (kemarin-red) kita sudah kaji dan pelajari. Dan kita dukung pergub tentang pendidikan gratis ini,” ujarnya kepada Radar Banten saat dihubungi via telepon genggamnya, kemarin sore.

Menurutnya, Pergub Nomor 31 Tahun 2018 itu merupakan program pendidikan gratis yang harus siap dilaksanakan oleh sekolah. Namun demikian pihak komite boleh saja membuat musyawarah untuk mengkolektif berupa dana sumbangan yang tidak mengikat. “Mau menyumbang berapa pun silakan saja, itu hak komite dan tidak mau menyumbang pun tidak apa-apa, jangan ada unsur paksaan,” tukasnya, Rabu (29/8).

Dia juga menjelaskan, saat ini merasa cukup dengan anggaran Rp1,4 juta dari BOS pusat dan Rp2 juta dari BOSDA Provinsi Banten pertahunnya untuk satu siswa. Karena jika di akumulasi menjadi Rp3,4 juta satu siswa per tahun, dan bisa melakukan program pendidikan gratis.

Rencana anggaran kegiatan sekolah (RAKS) jika tidak tercover oleh program pendidikan gratis maka peran orangtua siswa harus bisa mengcover RKAS tersebut dengan dana sumbangan pendidikan yang tidak mengikat tersebut. (Mulyadi/RBG)