Suka Mandi Sauna? Ada Aturannya Lho

Ilustrasi/ Inet

MANFAAT mandi sauna memang sangat baik untuk kesehatan dan kesegaran tubuh. Karena itulah di setiap tempat kebugaran (fitness center atau gym) biasanya menyediakan ruang untuk mandi sauna bagi para membernya.

Mandi sauna bisa menimbulkan efek relaksasi. Racun dalam tubuh juga akan terbuang melalui keringat dan Anda pun merasa segar. Tetapi ingat, tidak semua orang aman melakukan sauna. Untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan mandi sauna.

Untuk itulah, sebelum pergi ke tempat sauna, perhatikan sejumlah hal berikut agar terhindar dari masalah dehidrasi dan kesehatan lainnya. Berikut tipsnya seperti dilansir dari  laman Safebee:

1. Memakai baju renang atau menggunakan handuk saat mandi sauna dan melepaskan perhiasan yang Anda kenakan. Logam bisa cepat panas dan membakar kulit Anda.

2. Cukup mandi sauna hanya 20 menit atau kurang. Sebagian sauna memperingatkan pengguna untuk mandi sauna tidak lebih dari 15 sampai 20 menit. Keluar lebih cepat jika Anda mulai merasa tidak nyaman.

3. Mengambil tindakan pencegahan jika Anda sedang hamil. Paparan suhu yang sangat tinggi selama trimester pertama kehamilan telah dikaitkan dengan cacat tabung saraf pada bayi. Untuk alasan itu, American Congress of Obstetricians and Gynecology meminta calon ibu untuk menunggu sampai trimester berikutnya untuk menggunakan sauna.

4. Jangan pernah konsumsi alkohol saat menggunakan sauna. Alkohol bisa menurunkan tekanan darah Anda dan bisa menyebabkan pusing atau pingsan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine, minum alkohol saat menggunakan sauna meningkatkan risiko hipotensi, aritmia dan kematian mendadak.

5. Tetap terhidrasi. Minum segelas atau dua air sebelum Anda mandi sauna dan setidaknya dua gelas kemudian akan membantu menebus cairan yang hilang.

6. Mendinginkan secara bertahap. Setelah meninggalkan ruang sauna, gunakan beberapa menit untuk menurunkan suhu tubuh Anda. Jangan langsung menuju kamar mandi atau kolam renang. Hal ini terutama penting bagi orang dengan tekanan darah tinggi yang bisa mengalami peningkatan tekanan. (fny/jpnn/RB Online)