Sukalila Bakal Punya RTH

0
836 views

WALANTAKA – Warga RT 011 RW 03, Kelurahan Kepuren, Kecamatan Walantaka, berencana membangun ruang terbuka hijau (RTH). Warga RT di Lingkungan Sukalila ini pun akan menghiasi kampungnya dengan lukisan grafiti. Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 mengaktifkan kembali gotong royong warga RT ini.

Kegiatan warga RT 011 menata lingkungannya sempat terlaksana. Namun, saat ini, gotong royong dihentikan sementara. Warga mengikuti larangan berkumpul untuk memutus wabah corona.

Sebagai gantinya, warga melakukan bersih-bersih halaman rumah masing-masing. “Lingkungan kami selalu bersih,” aku Ketua RT 011 Suwanta kepada Radar Banten, Jumat (10/4).

Tiga hari mendatang, tepatnya Senin (13/4), warga RT 011 sepakat untuk memulai pembangunan RTH dan membuat grafiti. Warga akan merampungkannya secara bertahap.

Menurut Suwanta, gotong royong warga itu akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Pemilihan waktu ini disesuai dengan waktu ideal untuk berjemur menangkal virus corona. “Kita bakal cabutin rumput dulu. Nanti beli tanaman buat bikin RTH,” katanya.

RTH akan dibangun di atas lahan milik warga RT 011 yang tak terpakai. Luasnya 15 x 5 meter persegi. Nantinya, RTH akan dilengkapi dengan wahana bermain anak. “Di sekelilingnya juga bakal kita pagari dengan bambu supaya kambing enggak bisa masuk,” jelas Suwanta.

Untuk grafiti berupa kalimat berisi pesan hidup bersih dan sehat, lanjut Suwanta, akan dibuat di tembok rumah warga yang letaknya di depan lapangan bulutangkis. Pertimbangannya, lokasinya dinilai strategis.

Lurah Kepuren Subhan menambahkan, pihaknya tidak memaksakan warga untuk terburu-buru menata lingkungan karena situasi sedang tidak kondusif karena corona. “Lomba ini harus jadi motivasi bagi warga untuk menjaga kebersihan lingkungan supaya terhindar dari virus,” pungkasnya. (mg06/don)