Sukseskan Golok Day 2021: Tetap Jaga Prestasi Saat Pandemi

0
1.116 views

EVENT Golok Day merupakan festival tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon. Berbagai pertunjukan seperti Pencak Silat, Debus dan kesenian lainnya ditampilkan.

Diikuti oleh peserta dalam negeri maupun manca negara yang antusias mempertunjukan kesenian dari Indonesia tersebut. Namun, pada tahun 2020 ini dimana pandemi COVID-19 melanda dunia maka event tersebut tidak dilaksanakan.

Kepala Disparbud Kota Cilegon Mahmudin mengatakan, event Golok Day tahun 2020 ditiadakan.

“Semula Golok Day direncanakan pada tanggal 12 dan 13 Juni 2020. Namun karena kondisi pandemi belum mereda, maka semua pihak harus mengurungkan niatnya untuk melaksanakan kegiatan yang dapat menimbulkan terjadinya kerumunan masa,” katanya kepada Radar Banten.

Selanjutnya, ia menjelaskan, Disparbud fokus menyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD).

“PPKD sangat penting untuk menunjang kemajuan kebudayaan daerah, agar banyak wisatawan yang berkunjung,” jelasnya.

Peguron-peguron di bawah naungan Himpunan Perguruan Persilatan Banten (HPPB) dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang biasanya terlibat dalam kegiatan Golok Day hanya melakukan latihan-latihan rutin dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Pada Juni 2020 Peguron yang tergabung dalam Ancab Cilegon dan Ciwandan di bawah naungan HPPB mengikuti lomba seni pencak silat (KOMSOS Kreatif KODIM 0623 Cilegon) secara virtual yang diselenggarakan oleh Kodim 0623 Cilegon. 

Buah dari latihan para pesilat ini dengan diraihnya juara umum oleh Ancab Ciwandan yang diwakili oleh Peguron Berru Sakti dan Juara 2 oleh Ancab Cilegon.

Ketua HPPB Kota Cilegon yang biasa dikenal dengan panggilan Abah Jamhari mengatakan peguron melakukan pelatihan sesuai dengan aturan pemerintah.

“Kami menginstruksikan seluruh padepokan untuk selalu mengatur latihan dengan memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Ia berharap, Covid-19 segera berakhir dan event Golok Day kembali digelar.

“Kami berharap, Covid-19 segera berakhir, dan event Golok Day bisa digelar lagi, sehingga melahirkan generasi muda yang berprestasi di bidang kebudayaan,” harapnya. (*)