‘Surat Kecil untuk Gubernur Banten’ yang Viral atas Inisiatif Relawan Dompet Dhuafa

0
79

SERANG – Video ‘Surat Kecil untuk Gubernur Banten’ yang viral di dunia maya, adalah atas inisiatif para relawan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Banten. Surat itu dibacakan oleh Devi Marsya, siswi kelas enam SD Sadah, Desa Kaserangan, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang.

Video tersebut dibuat menjelang peringatan Hari Guru. Para relawan membuat gebrakan berupa video tersebut, agar mendapat perhatian langsung dari pemerintah maupun pemangku kepentingan lainnya.

Branch Manager Dompet Dhuafa Provinsi Banten Abdurrahman Usman mengatakan video yang sempat viral tersebut dibuat atas dasar persoalan sosial masyarakat yang terjadi. Pihaknya, melihat masih banyaknya sekolah rusak di Kabupaten Serang yang harus segera diperbaiki.

“Kami cari siswa yang memiliki persoalan sekolahnya yang rusak yakni SDN Sadah. Kemudian kami cari momentum untuk menyadarkan masyarakat terutama pemerintah, terkait masih banyak persoalan di dunia pendidikan. Momentum yang tepat itu peringatan Hari Guru,” katanya melalui sambungan telepon seluler, Kamis (30/11).

Dikatakannya, dalam bidang pendidikan masih banyak sekali permasalahan yang terjadi. Seperti angka putus sekolah yang tinggi dan jumlah sekolah rusak di Banten yang menjadi konsentrasi Dompet Dhuafa.

“Akhirnya dibuat desain dengan teman DDV. Pengawalan dari kami membuat langkah bagaimana mendapat perhatian langsung dari pemerintah. Dan kemarin sempat Gubernur Banten mengunjungi SDN Sadah, berarti memang sampai pesannya,” ujarnya.

Menurutnya, dengan cara seperti itu akan menggugah publik baik pemerintah, perusahaan maupun perorangan untuk secara bersama-sama membangun kembali mimpi anak didik di Provinsi Banten. Aktivitas konkret yang dilakukan oleh DDV sendiri, yakni gerakan 1.000 sepatu untuk anak sekolah di Provinsi Banten. “Kami sedang menggalang dana, konteksnya untuk dunia pendidikan,” ungkapnya.

DDV Banten sendiri terdiri dari 100 relawan dari lintas profesi. Di antaranya mahasiswa, guru, dokter, pengusaha dan masih banyak lagi. Kata Usman, mereka sebagai penggerak untuk mengatasi permasalahan sosial di masyarakat.

Devi Marsya

Sebelumnya sempat diberitakan, kondisi gedung sekolah yang rusak berat memaksa siswi SD Sadah, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, membuat surat terbuka untuk Gubernur Banten Wahidin Halim.

Surat terbuka yang dibacakan dan direkam video itu menjadi viral di dunia maya. Dan akhirnya sampai ke Gubernur Banten Wahidin Halim. (Anton Sitompul/antonsutomoul1504@gmail.com)