TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tengerang telah menentukan skema penempatan letak kolom dan desain calon pasangan kepala daerah sekitar pukul 20.30 WIB, Rabu (14/2). Ini sejalan dengan Surat Keputusan KPU RI Nomor 160/PL.02.2SD/06/KPU/II/2018.

Dari hasil rapat pleno KPU KabupatenTangerang, pasangan calon Bupati-Wakil Bupati, Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli, posisinya gambar berada di sebelah kanan (kiri berhadapan-red). Sementara satu kolom lainya kosong tanpa ada logo maupun gambar.

”Malam ini (tadi malam-red) sudah kita tetapkan. Dan prosesnya berlangsung lancar,” ujar Komisioner KPU Kabupaten Tangerang Ali Zaenal Abidin.

Proses tahapan penetapan berlangsung lancar tanpa ada hambatan. ”Pleno yang berlangsung di Se kretariat KPU malam ini (tadi malam-red) cukup singkat dan cepat. Harapannya, tahapan lain pun berjalan lancar,” imbuhnya.

Menanggapi posisi ini, Calon Bupati Periode 2018- 2023 A Zaki Iskandar mengaku bersyukur dengan lancarnya proses yang telah dilangsungkan KPU.

”Alhamdulillah, semuanya dimulai dari tangan kanan. Mudah-mudahan sesuai dengan harapan,”ucapnya kepada Radar Banten.

Berbeda dengan KPU Kota Tangerang. Hingga tadi malam belum ditetapkan kapan jadwal penempatan letak kolom dan desain calon pasangan kepala daerah. Dengan alasan, surat KPU RI baru diterima Rabu (14/2).

Komisioner KPU Kota Tangerang, Banani Bahrul, mengatakan, terpaksa mengubah skema penempatan pasangan calon kepala daerah. Ini terjadi KPU RI tidak menggunakan lagi surat edaran Nomor 160 tahun 2018 tentang Penempatan Letak Kolom Bergambar.

”Dari KPU RI baru masuk hari ini (kemarin-red). Segera kita tetapkan pengundiannya. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini,” terangnya, Rabu (14/2).

Pria jebolan UIN Jakarata menambahkan, adanya pengundian tersebut merupakan kebijakan baru. ”Karena belum ada aturannya, maka ditentukan dalam kebijakan,” tandasnya. (you-mg-17/ful/sub/RBG)

BAGIKAN