Swadaya Menata Kampung

0
282 views

TIRRAYASA – Warga Kampung Bojong, tepatnya di RW 02, Desa Puser, Kecamatan Tirtayasa, tengah sibuk menata kampungnya. Mereka swadaya menyambut penilaian tahap pertama Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 yang dimulai, Rabu (4/11) hari ini.

Selasa (3/11) siang, warga kembali gotong royong. Mereka menanam tanaman hias, mendekorasi jalan dengan pengecatan, hingga merenovasi pos ronda. Terik matahari tidak menyurutkan semangat warga.

Kepala Desa Puser H Faiz mengatakan, penataan lingkungan RW 02 ini sudah dilakukan sejak pertengahan September lalu. “Warga musyawarah dulu buat menyepakati swadaya per rumah-rumah,” katanya kepada Radar Banten.

Warga kemudian gotong royong. Warga mengawalinya dengan membersihkan lingkungan dari sampah. Dilanjutkan dengan pengecatan jalan membuat gambar tidak dimensi (3-D), serta membuat plang bertuliskan “Welcome to PUSER Indah”.

“Kalau cat, sebagian kami bantu dari anggaran pribadi saya dan teman-teman di kantor desa,” ungkap Faiz.

Ia mengaku bangga pada semangat gotong royong dan swadaya warga RW 02. Faiz menilai itu sebagai bukti jika warga RW 02 sangat peduli pada lingkungannya.

”LKBA ini benar-benar membawa perubahan pada pola pikir warga soal kebersihan dan keamanan lingkungan,” ungkapnya.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Tirtayasa Arifudin menambahkan, pihaknya bakal terus mengontrol progres penataan warga di semua RW di Kecamatan Tirtayasa, termasuk di RW 02, Kampung Bojong, Desa Puser. “Kami pastikan, tahun ini semua desa ikut berpartisipasi,” tegasnya. (mg06/don)