Swadaya, Warga RT 013 Kenari Perbaiki Jalan

0
906 views

KASEMEN – Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 terbukti mampu menumbuhkan partisipasi warga. Di RT 013 RW 05, Lingkungan Kenari, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, warganya memperbaiki jalan di lingkungannya. Mereka berswadaya karena kerusakan jalan di RT-nya, dinilai dapat menurunkan poin hasil penataan lingkungannya.    

“Kendala kami jalan utama, rusak. Akibatnya, penataan kami di jalan utama sedikit terganggu,” tandas Ketua RT 013 Fahrulroji yang lebih akrab disapa Fahrul.

Karena itu, jelasnya, kegiatan awal penataan lingkungan RT 013 oleh warganya adalah memperbaiki jalan di RT-nya. Warga menambalnya agar jalan bisa dihias dengan lukisan atau lis menggunakan cat.

“Pengecatannya belum. Mungkin seminggu lagi kami mulai. Penataan kami lakukan bertahap. Pengecatan terakhir, biar hasilnya masih bisa dinikmati ketika tujuh belasan (memperingati Hari Kemerdekaan RT-red),” ujar Fahrul.

Soal kebersihan lingkungan RT 013, Fahrul menyatakan, telah terjaga. Warganya sudah rajin membersihkan lingkungannya. Gang-gang di RT ini tidak kotor.

Suasana RT ini juga cukup adem. Warganya, sejak lama melakukan penghijauan. “Hanya tinggal ditata saja,” ujar Fahrul.

Wakil Ketua Pemuda RT 013 Muadi mengaku senang dengan lomba kampung resik lan aman. Sebab, bukan hanya karena lingkungannya berubah menjadi lebih bersih. Pemuda RT 013 juga jadi aktif membantu warga menata kampung mereka.

“Karena penataan biasa dilakukan malam, jadi ketika malam, (pemuda RT 013-red) enggak cuma nongkrong-nongkrong enggak puguh. Mereka bantu-bantu memperbaiki jalan, membuat pos ronda, dan lainnya,” tutur Muadi.

“Ya alhamdulillah, sekarang di lingkungan kami ada tiga pos ronda. Semua jalan sudah dipelur. Nanti tinggal menghias,” tutup Muadi. (rio/don)