Swadaya Warga RT 06 Kedaos, 650 Bibit untuk Penghijauan

0
555 views

WALANTAKA – Penghijauan dilanjutkan. Warga RT 06 RW 03, Lingkungan Kedaos, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Walantaka, pun berswadaya melakukannya. Ada ratusan bibit tanaman telah disiapkan.

Pada penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, periode 4-15 Mei lalu, penghijauan lingkungan RT 06 sebenarnya telah dilakukan warganya. “Bantuan dari kelurahan sebanyak 200 tanaman itu sebenarnya tidak cukup. Kami sudah siasati untuk penilaian tahap kedua nanti. Dari 200 tanaman itu, kami lakukan pembenihan lagi. Sekarang, 650 tanaman sudah siap. Ada bunga, sayuran, sama tanaman obat,” ungkap Ketua RT 06 Ahmad Pudori.

Swadaya dilakukan warga karena, menurut lulusan Fakultas Pertanian Untirta itu, penghijauan di RT-nya masih kurang. Saat ini, ratusan bibit tanaman itu dalam tahap penanaman.

Ketiadaan tempat sampah di RT 06 juga menjadi perhatian Ahmad Pudori. Ia berencana melengkapin sarana kebersihan itu. Terlabih, Ahmad Pudori telah mewacanakan inovasi pengelolaan sampah dengan membudidayakan maggot.

“Kami akan membudidayakan maggot, benihnya sudah dipesan. Oleh karena itu, ke depan, perlu banyak tempat sampah. Nanti akan langsung ada pemilahan sampah organik dan nonorganik,” ujarnya.

Soal dekorasi lingkungan, Ahmad Pudori mengatakan, warganya akan melanjutkan pemagaran dan pengecatan. “Catnya masih banyak,” ungkapnya.

Anggota kelompok pemuda penggerak lingkungan RT 06 Hendrik Gunawan menambahkan, tujuan pembudidayaan maggot adalah agar volume sampah rumah tangga di RT-nya bisa berkurang. ”Kan di lingkungan sini, sampah biasanya dibakar. Dengan adanya maggot nanti, sampah yang dibakar jadi tidak terlalu banyak,” katanya. (rio/don)