Swadaya, Warga RW 02 Pabatan Bangun Pos Ronda dan Gapura

0
325 views

PABUARAN – Warga berswadaya. Mereka iuran untuk membangun pos ronda dan gapura. Partisipasi warga RW 02, Kampung Pabatan, Desa Pancanegara, Kecamatan Pabuaran, ini sesuai hasil musyawarah.

Ketua RW 02 H Ahmad Ripai mengatakan, warganya belum menata kampung secara menyeluruh. ”Tahap awal, kita bangun gapura sama pos ronda dulu,” katanya kepada Radar Banten, Sabtu (3/10).

Pembangunan gapura ini, jelas Ripai, lantaran gapura di RW 02 dibuat dari bambu setiap memperingati hari Kemerdekaan RI. Akibatnya, gapura tidak tahan lama. Lima bulan setelah dibangun, sudah rusak.

”Makanya, pas ada LKBA, kita targetkan punya gapura permanen,” ujarnya.

Sedangkan pos ronda, sebelumnya warga RW 02 masih menumpang di pos ronda RT 02 RW 03, Kampung Cidokom. Soalnya, lokasi kedua kampung berdekatan.

”Tapi pos ronda Cidokom mah agak ke dalam kampung. Kalau pos ronda Pabatan (masih tahap pembangunan-red) di pinggir Jalan Raya Palka,” terang Ripai.

Ia menjelaskan, proses pembangunan pos ronda dan gapura sudah dimulai sejak pekan lalu. Dananya dari swadaya warga. Setiap hari, pemuda kampung ini berkeliling dari rumah ke rumah untuk mengambil uang iuran. ”Warga kompak swadaya,” ujar Ripai.

Kepala Desa Pancanegara H Ade Suhandra menilai, sejak ada LKBA, gotong royong dan swadaya warganya aktif lagi. Respons positif warga pada lomba ini sangat besar.

”Sekarang Kampung Pabatan jadi punya pos ronda dan gapura,” katanya.

Ade mengaku bangga dengan semangat dan kekompakan warganya itu. Menurutnya, LKBA mampu membuat warga menjadi sadar akan kebersihan dan keamanan lingkungan. ”Semoga kita menjadi juara,“ harapnya. (mg06/don)