Syafrudin-Subadri Dilantik 24 Desember

Syafrudin-Subadri Usuludin berbincang santai saat penetapan pasangan calon terpilih Pilkada Kota Serang 2018 di Hotel Ultima Horison Serang, Sabtu (11/8).

SERANG – Berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo Nomor 131/8553/SJ, pelantikan Walikota Serang dan Wakil Walikota Serang terpilih Syafrudin-Subadri Usuludin akan dilaksanakan 24 Desember 2018.

Disebutkan dalam surat tertanggal 16 Oktober itu, bagi provinsi yang terdapat lebih dari satu kabupaten kota yang masa akhir jabatan bupati walikota jatuh pada bulan yang sama, pelantikan bupati walikota dilaksanakan secara serentak dengan memperhatikan akhir masa jabatan bupati walikota paling akhir di bulan tersebut.

Asda I Pemkot Serang Nanang Saefudin mengungkapkan, apabila melihat surat itu, di Banten ada dua daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir di bulan yang sama. “Kota Serang 5 Desember dan Kota Tangerang 24 Desember,” jelas Nanang, Senin (5/11).

Kata Nanang, merujuk pada surat dari Kemendagri itu, kemungkinan pelantikan Syafrudin-Subadri dilaksanakan 24 Desember. Dalam surat itu juga disebutkan bahwa pelantikan akan dilakukan oleh gubernur di ibukota provinsi secara serentak dan bertahap.

Untuk itu, lanjutnya, meskipun masa akhir jabatan walikota-wakil walikota Tangerang paling akhir dibandingkan walikota-wakil walikota Serang, waktu pelantikan tetap mengikuti jadwal gubernur. “Tentu saja waktu pelantikannya tergantung Pak Gubernur,” tuturnya.

Ia menyatakan, sebelumnya Pemkot mendapatkan surat dari Kemendagri, tetapi ditandatangani Direktur Jenderal Otonomi Daerah. Dalam surat itu, Syafrudin-Subadri rencananya dilantik 20 Desember. “Tapi, surat yang sekarang langsung ditandatangani Pak Menteri dan lebih terbaru,” ujarnya.

Kata dia, dalam surat itu juga disebutkan, serah terima jabatan bupati walikota dilakukan di ibukota kabupaten kota masing-masing. Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian pidato visi misi bupati walikota pada rapat paripurna istimewa di DPRD masing-masing.

Wakil Walikota Serang terpilih Subadri Usuludin menuturkan, pihaknya memercayakan mekanisme pelantikan kepada instansi terkait. “Yang pasti kami siap bekerja. Kalau tanggalnya kapan, kami ikuti ketentuan yang ada,” ujarnya. (Rostinah/RBG)