Syafrudin-Subadri Ziarah Makam Walikota Pertama

0
87
Walikota Serang Syafrudin dan Wakil Walikota Subadri Ushuludin menaburkan bunga di makam alm Bunyamin, Walikota Serang pertama di Pemakaman Carenang, Kabupaten Serang, Kamis (8/8). Foto Protokol Pemkot for Radar Banten.

SERANG – Menjelang hari ulang tahun (HUT) ke-12 Kota Serang, Walikota Serang Syafrudin bersama Wakil Walikota Subadri Ushuludin melakukan rangkaian ziarah pada Kamis (8/8). Rangkaian ziarah ke empat titik itu diakhiri ke makam almarhum Bunyamin selaku Walikota Serang pertama di Carenang, Kabupaten Serang.

Ziarah dimulai ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Ciceri Kota Serang. Dilanjutkan ke Makam Sultan Maulana Hasanuddin di kompleks permakaman Banten Lama dan Maulana Yusuf di Kasunyatan. Ziarah diikuti sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Serang.

Ziarah yang rutin dilakukan tiap tahun jelang HUT Kota yang tepat pada 10 Agustus ini, sebagai bentuk penghormatan kepada sosok-sosok yang dianggap punya riwayat dengan sejarah Kota Serang.

Syafrudin menilai ziarah sudah menjadi hal lumrah bagi masyarakat Kota Serang yang memiliki karakter religius. Adapun TMP sebagai tujuan untuk menginspirasi semangat kepahlawan yang rela berkorban untuk bangsa.

Terlebih, HUT Kota Serang bersamaan dengan HUT ke-74 kemerdekaan Indonesia. “Kita menghormati mereka yang telah berjuang,” katanya.

Permakaman sultan dan keluarganya di kompleks permakaman Banten tidak terlewatkan karena tradisi peziarahan di Banten yang utama adalah kawasan tersebut. Ziarah untuk memaknai spirit para sultan Banten yang telah membawa Banten ke peradaban maju.

Selain itu, sebagai media mempromosikan kawasan tersebut sebagai objek wisata religi di Kota Serang. Kata dia, upaya revitalisasi Pemprov Banten juga harus didukung oleh Kota Serang. “Makanya ini bagian dari kita mempromosikan wisata religi yang ada di tempat kita,” cetusnya.

Ziarah ke Bunyamin dinilainya sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum sebagai Walikota Serang pertama. Menurut Syafrudin, sebagai pendahulu, Bunyamin telah meletakkan fondasi pembangunan di Kota Serang. “Kami yang melanjutkan perjuangannya harus menghormatinya,” ujar ayah dari lima anak ini.

Dia berharap, peringatan HUT Kota Serang yang ke-12 menjadi momentum untuk sama-sama meneruskan pembangunan Ibukota Banten. Melakukan inovasi untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. “Makanya kita mulai dari budaya disiplin kerja. Karena dari sini kita bisa mengoptimalkan kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya. (ken/alt/ags)