Suti Karno (kiri) berbincang dengan Aminah Cendrakasih (berbaring) dan Rano Karno dalam hari pertama syuting Si Doel the Movie 2, Rabu (12/12). Foto: Jawa Pos

JAKARTA – Setelah mengajak penggemar kisah Si Doel bernostalgia lewat Si Doel the Movie Agustus lalu, tidak perlu menunggu waktu lama untuk menyaksikan kelanjutannya. Rumah produksi Falcon Pictures dan Karnos Film memulai syuting Si Doel the Movie 2, Rabu (12/12).

Syuting hari pertama berlangsung di studio di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan. Melibatkan sutradara dan pemeran utama Rano Karno ‘Si Doel’, Maudy Koesnaedi (Zaenab), Cornelia Agatha (Sarah), Aminah Cendrakasih (Mak Nyak), Mandra, dan Suti Karno (Atun). Ada pula Maryati (Munaroh), Ahong, Hajah Tonah (Ibu Zaenab), Adam Jagwani, dan sederet pemeran lain.

Persiapan syuting berlangsung sejak dua bulan lalu. Syuting hari pertama berfokus pada adegan Mak Nyak. Karena kondisi Mak Nyak yang masih sakit, Rano memprioritaskan adegan yang melibatkan Mak Nyak. “Hari pertama syuting, kami mendahulukan golden scene yang mempertemukan Mak Nyak dengan Sarah dan Zaenab. Mohon doanya agar keseluruhan proses syuting berjalan lancar,’’ ungkap Rano.

Salah satu adegan di hari pertama syuting kemarin adalah ketika Atun berdialog dengan Mak Nyak yang terbaring di tempat tidur. Aminah yang berangkat ke lokasi syuting dengan diantar ambulans karena tidak bisa berjalan menjalani syuting dengan semangat. “Sudah biasa, sudah mengerti. Jadi, ke sini sudah hafal (script),” tuturnya.

Meski sulit melihat, aktris senior berusia 80 tahun itu tidak merasakan kendala. Ada sang cucu yang membantunya untuk menghafal skenario. “Sekarang musim hujan, kalau bikin set di rumah Mak Nyak dulu nih pasti nggak bisa kerja. Makanya, sekarang kami syuting di studio, bangun set kamar Mak Nyak,” papar Rano.

Rano bersyukur Mak Nyak bisa menjalani syuting dengan lancar mencapai empat scene. “Fokus, konsentrasi, intonasi, aksentuasi, itu luar biasa. Saya biarkan Mak Nyak bahasa apa, yang penting maksudnya lu ngarti dah,” lanjutnya.

Maudy salut dan terharu melihat semangat Mak Nyak. “Mak Nyak antusias latihan di rumah, sampai nggak bisa tidur katanya. Walaupun nggak baca (keseluruhan script), cuma diceritakan, Mak Nyak langsung paham,” urai Maudy.

Proses syuting yang dimulai hari ini menyesuaikan dengan jadwal para pemeran menjelang pergantian tahun. Setelahnya, Januari mendatang syuting berlanjut, 9-19 Januari dijadwalkan ke Belanda, kemudian di Jakarta hingga pertengahan Februari. Sekira 30 persen pengambilan gambar dilakukan di Belanda, 70 persen di Jakarta.

Produser Falcon Pictures Frederica mengungkapkan, Si Doel the Movie 2 direncanakan tayang pada libur Lebaran 2019. “Karena film ini diposisikan untuk film keluarga. Rasanya memang paling tepat ditayangkan di momen hari raya atau Lebaran,” ucapnya. (jpnn/aas/ira)