TANGERANG – Hasil menggembirakan diraih taekwondoin Kabupaten Tangerang yang berangkat ke kejuaraan The 3rd Heroes Taekwondo International Championship (HTIC Cup 3) yang berlangsung di Bangkok, Thailand. Berangkat dengan kekuatan 19 atlet taekwondo yang dilatih Andi Saputra sukses memboyong 4 medali emas, 1 medali perak dan 5 medali perunggu.

Torehan medali emas dihasilkan Febi Safitri di kelas over 67 kg senior putri, M. Ra’afi Nugroho under 78 kg junior putra, Shinta Azzahra HP di kelas under 45 kg junior putri serta Sekar Arum Ardika di under 62 kg pra junior putri. Satu medali perak disumbangkan R.M. Rizky Prayoga N di kelas under 78 kg junior putra.

Sementara lima medali perunggu sebagian besar disumbangkan atlet senior putri diantaranya oleh Desti Wulandari di kelas under 49 kg dan Lutfia Khansa Khairunnisa pada kelas under 67 kg.

“Prestasi ini menandakan hasil pembinaan dan latihan yang dilakukan mengalami peningkatan, ini buah latihan keras dan kesungguhan hati atlet dalam menjalani program latihan yang diberikan pelatih,” ucap H. Achmad Taufik, Ketua Pengcab Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Tangerang.

Meski tak menurunkan semua atlet Puslatcab (pusat latihan cabang) Kabupaten Tangerang, Taufik, sapaan akrab Achmad Taufik, namun hasil di HTIC Cup 3 di Thailand menggambarkan potensi prestasi taekwondoin Kabupaten Tangerang di dua multi even olahraga tahun 2018 yang akan dilangsungkan di Kabupaten Tangerang. Seperti diketahui Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah pelaksanaan Popda (pekan olahraga pelajar daerah) IX Banten dan Porprov (pekan olahraga provinsi) V Banten.

Meski sukses meraih empat medali emas pelatih taekwondo Kabupaten Tangerang Andi Saputra mengaku masih kurang puas. Karena torehan medali emas yang dicapai dihasilkan dari atlet junior. Menurut Andi, sebenarnya pihaknya menargetkan medali emas pada taekwondoin senior.

“Ini akan saya evaluasi, terkait mental bertanding atlet senior. Mereka tidak mampu keluar dari tekanan saat menghadapi atlet tuan rumah Thailand, padahal dari kejuaraan ini saya ingin melihat mental bertanding atlet,” ucap Andi.

Namun demikian, secara umum Andi bersyukur atas apa yang ditampilkan atlet taekwondo Kabupaten Tangerang di Thailand. Ini setidaknya prestasi ini menandakan semua atlet dalam trek yang benar untuk berprestasi di masa depan. (Aris Maulansyah/RBG)

Peraih Medali The 3rd Heroes Taekwondo International Championship Bangkok, Thailand

EMAS: 1. Febi Safitri (over 67 kg senior putri), 2. M. Ra’afi Nugroho (under 78 kg junior putra), 3. Shinta Azzahra HP (under 45 kg junior putri), 4. Sekar Arum Ardika (under 62 kg pra junior putri).

PERAK: 1. R.M. Rizky Prayoga N (under 78 kg junior putra).

PERUNGGU: 1. Dwi Andriyan Fathorozi (under 68 kg senior putra), 2. Ai Nur Hasanah (under 46 kg senior putri), 3. Desti Wulandari (under 49 kg senior putri), 4. Lutfia Khansa Khairunnisa (under 67 kg senior putri), 5. Suryawijaya Tayibnapis (under 33 kg pra junior putra).