Tahanan Simpan Sajam di Kamar Rutan

0
496 views
Petugas Rutan Kelas IIB Serang saat melakukan pemeriksaan di dalam kamar tahanan perempuan, Kamis (8/10).

SERANG – Sejumlah senjata tajam (sajam) ditemukan dalam kamar warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Serang. Barang terlarang itu diperoleh dalam inspeksi mendadak (sidak) yang digelar petugas Rutan Klas II B Serang, Kamis (8/10).

“Saat sidak kemarin ada barang terlarang yang kami amankan seperti gunting rambut, gunting kuku, sendok stainless,” kata Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas II B Serang Elieser Indra Kharisma Simanjuntak, Jumat (9/10).

Sejumlah barang tersebut telah disita petugas. Termasuk sajam berupa gunting yang digunakan warga binaan untuk merajut kain. “Bukan untuk itu (melukai warga binaan lain-red), untuk kegiatan mereka di dalam saja, alasannya buat kegiatan motong benang,” ucap Indra.

Namun, warga binaan yang membawa barang-barang tersebut ke dalam kamar tidak diberikan sanksi. “Untuk saat ini kami tidak berikan sanksi, hanya pembinaan dulu,” kata Indra.

Selain memeriksa kamar, urine warga binaan juga diperiksa. “Untuk hasilnya tidak ada yang positif (narkotika-red). Pemeriksaan tersebut kami lakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap aman dari peredaran narkoba,” kata Indra. (mg05/nda)