Tahap Akhir Penataan RT 03 Cinanggung

0
953 views

SERANG – Kegiatan penataan RT 03 RW 03, Lingkungan Cinanggung, Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang, bakal diakhiri. Warga tinggal memasang hiasan gantung dan menunggu tanaman rambat tumbuh.

Hiasan gantung, rencananya akan dipasang di jalanan di RT ini. Begitu pula dengan tanaman merambat, telah ditanan di tempat telah disediakan oleh warga. Dua kegiatan itu akan melengkapi kegiatan warga lainnya dalam mengubah kampung mereka di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

“Lingkungan saya sudah bersih. Sekarang warga sudah rajin membersihkan lingkungannya, karena penataan yang dilakukan juga sudah dirasakan manfaatnya oleh warga. Kami juga sudah memiliki kolam kecil dengan air terjun,” kata Ketua RT 03 Fahromi pada Kamis (13/8).

Air terjun itu, menurut Fahromi, telah dibuat sebelum LRLA digulirkan. Namun, pompa air untuk mengalirkan air terjun sempat di-off-kan karena musim kemarau. Saat ini, pompa air dinyalakan lagi untuk menghadapi LRLA. Kolam di bawa air terjun juga telah diisi ikan emas dan ikan hias lainnya.

Untuk pos ronda, lanjut Fahromi, peralatannya hampir lengkap. Untuk menjaga keamanan kampungnya, warga tidak hanya memasang kentongan di pos ronda. Alarm pun dipasang di masjid.

“Kan sekarang sudah canggih. Kami juga membuat grup WhatsApp untuk pengamanan lingkungan. Jadi kalau ada hal  hal mencurigakan, kami share di grup dulu, baru warga bergerak,” jelas Fahromi.

Untuk penghijauan lingkungan, warga RT 03 membuat apotek hidup. Tanaman jenis sayur dan bunga juga melengkapi beberapa titik di RT ini.

“Saya mah ngikut apa keinginan warga saja. Kalau mereka mau sayuran, ya saya kasih sayuran. Tapi di RT 03, kebanyakan menginginkan apotek hidup. Kalau kita berikan tanaman tidak sesuai dengan yang mereka inginkan, nanti tidak mereka rawat. Oleh karena itu, kami berikan yang sesuai minat mereka saja,” jelas Mukhtar yang ditunjuk sebagai koordinator penggerak penataan lingkungan RT 03. (rio/don)