Tahap Awal, Menata Pos Ronda

CIPOCOK JAYA – Penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 telah rampung, 15 Mei lalu. Warga RT 01 RW 01, Lingkungan Cipocokmasjid, Kelurahan/Kecamatan Cipocok Jaya, pun langsung melanjutkan penataan lingkungan mereka, Minggu (17/5). Warga berusaha melengkapi kekurangan penilaian sesuai arahan juri.

“Yang menjadi catatan tim juri pada penilaian lalu, di antaranya, penghijauan lingkungan dan menanam toga (tanaman obat keluaga-red). Alat kelengkapan pos ronda juga masih ada beberapa yang belum ada,” ujar Ketua RT 01 Abdul Kudus.

Lelaki yang akrab disapa Kudus ini menjelaskan bahwa sarana prasarana pos ronda di RT-nya akan dilengkapi secara bertahap. Warga dan pengurus RT akan mencicilnya. Antara lain, pemasangan nomor telepon penting, borgol, kentongan, dan alat pemadam api ringan (apar). Pengecatan pos ronda pun sudah mulai dilanjutkan.

Kudus mengaku, sejak mengikuti LRLA, warganya mulai mengerti pentingnya lingkungan yang bersih dan aman. “Kalau penataan yang sekarang, masih fokus di pos ronda. Nanti, sebulan menjelang penilaian (tahap kedua-red), baru kami mulai melengkapi yang di lingkungan,” ujarnya.

Warga RT 01 Medi Jumaedi mengakui, lingkungan tempat tinggalnya telah berubah. Ini terjadi setelah warga bergotong royong membenahi lingkungannya, siang-malam hari. “Yang pasti, banyak berubah. Tambah rapi, bersih, dan lebih hidup. Dulu, warga belum sadar soal kebersihan dan keindahan lingkungan. Sekarang mah semua justru menanam bunga,” tuturnya. (rio/don)