Tahap Awal Penataan Banten Lama Ditenggat Dua Bulan

0
98
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy

SERANG – Penataan tahap awal kawasan wisata religi dan cagar budaya Banten Lama ditenggat selesai pada November mendatang. Sebagai tahap awal revitalisasi, Pemprov Banten menyiapkan anggaran Rp 18 miliar.

Anggaran Rp 18 miliar tersebut Pemprov Banten siapkan di APBD Perubahan 2017. Anggaran tersebar di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD). Di antaranya, di Dinas PUPR sebesar Rp 10 miliar untuk pembangunan jalan akses Masjid Banten Lama dan pembersihan kanal Banten Lama. Berikutnya, di Dinas Perkim sebesar Rp 4,7 miliar di antaranya untuk penataan sanitasi lingkungan dan penyediaan sarana air bersih. Lalu, di Dinas LHK sebesar Rp 1 miliar untuk pengadaan sarana kebersihan serta penghijauan.

Sisanya, anggaran tersebut berada di Dinas Perhubungan sebesar Rp 2 miliar untuk perlengkapan marka jalan, serta di Dinas Kesehatan sebesar Rp 200 juta untuk penyuluhan kesehatan warga di lingkungan Banten Lama. Terakhir, Pemprov juga mengalokasikan anggaran bantuan untuk Pemkot Serang sebesar Rp 300 juta, yang diperlukan Pemkot Serang bagi pembuatan detail engineering design (DED) sejumlah pekerjaan Pemkot Serang sebagai leading sector proyek revitalisasi ini.

“Ini kami lakukan untuk memicu Pemkot Serang sebagai tuan rumah proyek revitalisasi Banten Lama agar segera action,” ujar Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Kamis (14/9).

Menurut Andika, kondisi Banten Lama saat ini sangat memprihatinkan, dengan adanya upaya ini, diharapkan pada November mendatang Banten Lama sudah memiliki wajah baru. “Banten Lama itu harga diri Banten. Jadi baik Banten Lama baik Banten hari ini, jelek Banten Lama ya jelek Banten,” katanya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)