Tahap Pertama, Lebakwangi Nendang

WALANTAKA – Suasana alam perdesaan langsung terasa begitu Tim 7 Juri Lomba Resik Lan Aman (LKRA) memasuki RW 01, Lingkungan Cibonteng, dan RW 02, Lingkungan Kalak, Kelurahan Lebakwangi, Kecamatan Walantaka, Selasa (12/5).

Makin memasuki kampung, suasana sejuk, asri, dan nyaman makin terasa. Dari tiga RT yang dinilai tim 7, RT 02 RW 01, Lingkungan Cibonteng, dan RT 03 RW 01, Lingkungan Kalak, sudah sangat siap berkompetisi. Kekurangannya, tinggal masalah administrasi saja.

Perkampungan dua RT ini sudah tertata. Pagarnya rapi, bunga di setiap pekarangan rumah bermekaran. Pohon-pohon tinggi nan rindang menambah sejuk udara di kedua RT.

Ketua RT 03 RW 01, Lingkungan Kalak, Purna Wijaya siap memenuhi kekurangan di RT-nya pada LRLA. Ia akan menambah pot-pot bunga dan merapikan lingkungan.

Lingkungan Kalak punya kelebihan tersendiri. Ladang yang ditanami berbagai tanaman palawija dan sayur menyatu dengan perkampungan. Asri dan sejuk.

Demikian juga Ketua RT 02 RW 01, Lingkungan Cibonteng, Abdul Karim. Ia berjanji akan merapikan setiap sudut kampungnya agar menjadi lebih indah. Di RT ini, selain bunga, beragam tanaman toga ada di beberapa rumah warga.

Lurah Lebakwangi Aminudin mengakui, lima dari enam RT yang diikutkan lomba, sudah menyiapkan diri dengan membuat pagar dan menata pot-pot bunga. “Hanya RT 01 RW 01 yang baru mulai bersiap-siap. Nanti di penilaian kedua, insya Allah maksimal,” janjinya. (wid/don)