Tahlil Berkumandang Iringi Pemakaman

0
1499
Jenazah Syekh Ali Jaber saat tiba di Pondok Pesantren Daarul Quran, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, untuk disalatkan, Kamis (14/11). Suasana haru menyelimuti kedatangan jenazah hingga pemakaman.

Syekh Ali Jaber Dimakamkan di Ponpes Da’rul Quran

TANGERANG – Syekh Ali Jaber telah dimakamkan di Pesantren Tahfiz Da’arul Quran, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Kamis (14/1) sekira pukul 17.00 WIB. Kerabat dan pihak pondok pesantren mulai mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatannya yang berada sekira 50 meter dari masjid tempat jenazah disalatkan.

Ketika jenazah sampai di tempat pemakaman, para kerabat Ali Jaber satu persatu menduduki kursi berwarna putih yang telah disediakan sebelumnya. Prosesi pemindahan jenazah Ali Jaber dari keranda ke liang lahat dipimpin oleh beberapa kerabatnya. Tiga pria turun ke liang lahat sembari menunggu jenazah Ali Jaber.

Saat jenazah mulai diturunkan, beberapa kerabat korban mulai mengumandangkan tahlil. Tahlil terus dilantunkan sampai prosesi pemakaman selesai. Tak hanya kerabat korban, hampir seluruh orang yang menghadiri pemakaman tersebut turut mengumandangkan tahlil. Di saat yang bersamaan, beberapa kerabat Ali Jaber mulai menitikkan air mata. Secara perlahan mereka usap air mata yang turun. Mereka juga tampak saling menyeka satu sama lain. Prosesi pemakaman sendiri berlangsung selama kurang lebih 45 menit.

Terkait tempat pemilihan tempat pemakaman, Ustaz Yusuf Mansur selaku pemilik pesantren mengatakan bahwa sebuah kehormatan saat adik Syekh Ali, yaitu Syekh Muhammad memilih Da’arul Quran sebagai peristirahatan terakhirnya. “Hari ini kehormatan dan kemuliaan dari Allah, Syekh Muhammad dan keluarga memilih Daarul Quran sebagai makam terakhirnya Syekh Ali,” ujar Yusuf Mansur usai pemakaman dikakukan. “Dan kenapa Syekh Ali (dimakamkan) di sini, saya dikasih tahu Syekh Muhammad bahwa Da’arul Quran katanya termasuk yang pertama-tama menerima Syekh Ali dan menjadi rumahnya Syekh Ali,” tambah dia.

Pantuan Tangerang Ekspres (Radar Banten Group-red) di lokasi, masyarakat yang ada di sekitar Pondok Pesantren Da’rul Quran tiba-tiba keluar rumah dan berdiri di pinggir jalan untuk menunggu kedatangan jenazah Syekh Ali Jaber. Bahkan, petugas kepolisian dan TNI AD juga terlihat berjaga-jaga untuk mengamankan proses pemakaman agar tidak didatangi masyarakat karena masih di tengah pandemi corona.

Sementara itu, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah yang juga hadir dalam pemakaman mengungkapkan, Syekh Ali Jaber adalah sosok ulama yang sangat luar biasa. Ilmu yang diberikan bisa diambil dan dijalankan oleh semua umat Islam.

“Kita semua murid-muridnya senantiasa Allah bimbing untuk senantiasa mengamalkan apa yang Allah perintahkan dan Rasulullah sunahkan, sehingga apa yang sudah alhmarhum ajarkan menjadi amal kebaikan yang manfaat dan maslahat untuk kemajuan Indonesia,” ungkapnya. (ran-kpc/air)