Tahun 2017, 38 Ribu Lebih Warga Miskin Akan Dapat Layanan Kesehatan Gratis

0
545 views

SERANG – 38 ribu lebih warga miskin di Kota Serang akan mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis untuk tahun 2017. Hal itu dipastikan Pemerintah Kota Serang usai melakukan rapat terbatas dengan pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Serang di Kantor BPJS Serang di Taman Sari Kota Serang, Selasa (13/12).

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Toyalis, mengatakan jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mampu membiayai 36 ribu warga miskin. “Penjaminan kesehatan disini yakni masyarakat miskin dibantu iurannya oleh Pemkot Serang, anggaranya murni dari Anggaran Belanja Pemerintah Daerah (APBD) Kota Serang,” kata Toyalis ditemui seusai melakukan rapat.

38 ribu lebih warga miskin di Kota Serang itu sedang dilakukan pendataan dan verifikasi oleh pihak Dinas Sosial Kota Serang. Kegiatan dilakukan agar penerima BPJS tersebut tepat sasaran. “Setelah dilakukan verifikasi dari Dinsos diberikan kepada kami, kemudian kami serahkan ke BPJS, kami berharap bisa tepat sasaran, karena terkadang setelah ada keputusan masih ditemukan warga miskin yang tidak memiliki kartu BPJS,” tuturnya.

Ia menjelaskan, anggaran untuk menjamin kesehatan warga tersebut mencapai Rp.11 miliar, setiap bulan satu orang dibiayai pembayaran BPJS-nya oleh Pemkot Serang sebesar Rp. 23.000. Pelayanan kesehatan untuk warga miskin tersebut berlaku di semua Rumah Sakit di Indonesia. “Kegiatan ini memang kegiatan yang semua daerah melakukan, bahkan ada beberapa daerah yang sudah menggratiskan,” ucapnya. (Adef)