Tahun Baru Trafik Layanan Data Bakal Naik

0
5679
Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro saat memaparkan optimalisasi kesiapan jaringan dengan beragam program dan layanan digital di acara press conference Telkomsel Siaga 2020  secara virtual di Jakarta, Senin (14/12).

AKARTA – Meski perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 masih pandemi COVID-19, namun tren aktivitas menggunakan internet di penghujung tahun diprediksi akan meningkat.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro memprediksi trafik layanan data akan mengalami peningkatan sebesar 10,19 persen dibandingkan dengan hari biasa 2020. Jika dibandingkan dengan Natal dan tahun baru yang lalu,  Telkomsel memprediksi trafik data akan tumbuh 49,3%.

Prediksi tersebut, kata Setyanto, didasari pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi yang mengalami pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh 7,32 persen, layanan communications (seperti instant messaging dan video conference) melonjak 22,52 persen, layanan streaming video naik 12,47 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,65 persen, akses browsing naik 14,21 persen, serta akses layanan e-commerce yang akan tumbuh sekira 13,17 persen. Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memproyeksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 4,89 persen dibandingkan dengan hari biasa di 2020.

Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru 2019, pertumbuhan yang terjadi diprediksi mencapai 0,8%. Untuk layanan Voice, Telkomsel memprediksi trafiknya akan tumbuh 2,76% dari hari biasa di tahun ini. Jika dibandingkan dengan Natal dan tahun baru sebelumnya, trafik layanan Voice diperkirakan akan turun 12,1%.

“Berdasarkan prediksi trafik di atas, Telkomsel mengambil langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan, khususnya pada konektivitas broadband, di 550 point of interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia. POI tersebut mencakup 304 area residensial, 23 wilayah rumah sakit utama penanganan COVID-19, serta 223 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi yang meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, jalan, serta fasilitas umum lain,” ungkapnya Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro saat press conference Natal dan Tahun Baru 2021 secara virtual, Senin (14/12).

Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Syam menambahkan, paya penguatan, penambahan, dan pengamanan akses jaringan yang telah dilakukan menjelang momen hari Natal dan tahun baru. ” Kami pun memastikan bahwa penguatan dan pengamanan akses jaringan akan menjangkau seluruh titik prioritas agar seluruh pelanggan dapat terus menikmati layanan broadband terdepan, terluas, dan merata dengan nyaman dan lancar di setiap aktivitas digitalnya di momen akhir tahun dan pergantian tahun baru,” katanya.

Pada kesempatan itu, Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani mengatakan, bersama jaringan broadband terdepan, terluas, dan merata, ketersediaan produk serta layanan menjadi bagian yang tidak terpisahkan. “Maka dari itu, kami berharap komitmen Telkomsel untuk selalu mendekatkan diri di setiap saluran penyediaan produk dan pelayanan pelanggan, khususnya pada akses distribusi digital, dapat menemani pelanggan di momen yang penuh semangat dan harapan baru, walau kita harus merayakannya di situasi penuh tantangan,” katanya. (aas)