Tahun Depan Giliran Ki Wasyid yang Diajukan Gelar Pahlawan Nasional

Gubernur Banten, Rano Karno

SERANG – Setelah gagal mengajukan gelar pahlawan untuk Ki Syam’un, Pemerintah Provinsi Banten tahun depan akan mengajukan gelar pahlawan nasional  untuk tokoh peristiwa “Geger Cilegon” Ki Wasyid. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Gubernur Banten, Rano Karno kepada sejumlah awak media, Selasa (10/11/2015).

“Tahun depan kita akan ajukan gelar pahlawan untuk Ki Wasyid, tentu itu sudah menjadi kewajiban kita, tapi tetap yang menentukan dari Pemerintah pusat, kita hanya sekedar mengajukan,” kata Rano kepada sejumlah awak media.

Rano melanjutkan, tahun depan Pemprov Banten hanya akan mengajukan gelar pahlawan untuk Ki Wasyid. Disinggung terkait pengajuan kembali gelar pahlawan untuk Ki Syam’un, Rano mengaku akan memberikan gelar Pahlawan Daerah untuk tokoh AL-Khairiyah tersebut dan akan menjadikan namanya sebagai nama jalan.

“Dalam waktu dekat, gelar pahlawan daerah untuk Ki Syam’un akan dikeluarkan melalui Pergub. Tentu namanya pun akan digunakan sebagai nama jalan,” ujar Rano.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Nandy Mulya S, sebelumnya mengatakan berkas-berkas atau data-data untuk pengajuan gelar pahlawan nasional untuk Ki Wasyid telah diseminarkan. “Prosesnya dari Kota Cilegon kemudian ke Provinsi dan sudah diseminarkan,” kata Nandy.

Untuk Ki Wasyid, Nandy mengaku optimistis gelar tersebut akan langsung diterima di pengajuan pertama karena Ki Wasyid sepak terjangnya untuk kemerdekaan Indonesia melawan penjajah sudah diketahui dan akui secara nasional. (Bayu)