Tahun Depan Jamkrida Banten Targetkan Laba Rp1,23 Miliar

0
564 views
Hendra Indra Rahman

SERANG – Pada tahun 2017 PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Banten menargetkan kenaikan laba menjadi Rp1,23 miliar dari target laba tahun ini sebesar Rp800 juta.

Demikian dikatakan Direktur Utama Jamkrida Banten Hendra Indra Rahman kepada Radar Banten Online di ruang kerjanya, Jumat (30/12).  Jamkrida Banten saat ini memiliki modal Rp56,5 miliar, terdiri atas Rp51 miliar  dari Pemprov Banten dan Rp500 juta dari PT Banten Global Development (BGD).

Peningkatan laba, lanjut dia, karena tahun depan Jamkrida akan menambah nilai penjaminan hingga ratusan miliar rupiah. Untuk penjaminan kepada UMKM, antara 40 hingga 45 persen dari total penjaminan sbesar Rp 400 miliar dengan total nasabah mencapai 40 ribu nasabah.

“Untuk tahun depan kami ditargetkan juga oleh pemegang saham agar semakin meningkatkan penjaminan untuk sektor UMKM,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan lingkupnya, penjamin kredit di Banten umumnya berada dalam sektor industri,  perdagangan, jasa, dan konstruksi.  “Jaringan kami mulai dari Tangerang hingga daerah Cibaliung. Namun penjaminan kredit banyak tersebar di kawasan Tangerang Raya karena jumlah lembaga pembiayaan dan perbankan lebih banyak dibandingkan wilayah Banten lainnya,” katanya.

Selain dengan perbankan, lanjut dia, bekerja sama dengan koperasi, lembaga pembiayaan, baitul mal wattamwil (BMT). (Wirda)