Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat sambutan Launching penyaluran PKH di Pendopo Kabupaten Lebak, Selasa (8/8).

LEBAK – Program Keluarga Harapan (PKH) tahun ini disalurkan melalui rekening atau non tunai yang dahulu dicairkan melalui Kantor Pos, namun pada tahun 2017 ini disalurkan ke rekening penerima dengan bekerja sama dengan Bank BRI.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, tahun ini mekanisme dan sistem pemberian bantuan PKH mengalami perubahan, karena ada kebijakan dari pemerintah pusat, maka sekarang bantuan PKH akan disalurkan melalui rekening.

“Sekarang penerima bantuan PKH dapat mengambil melalui BANK BRI. Ini sangat efektif dan efisien, karena dapat meminimalisir pihak yang dapat menyalahgunakan,” ucap Iti saat sambutan Launching penyaluran PKH di Pendopo Kabupaten Lebak, Selasa (8/8).

Selain itu, program ini dapat membantu mensukseskan program Lebak Sejahtera. Sehingga masyarakat tidak ada yang kekurangan gizi apalagi putus dalam pendidikan. Karena pendidikan dapat merubah keadaan keluarga dan bisa membantu meningkatkan perkembangan kabupaten lebak dalam jangka panjang.

“Program ini sekaligus membantu Program Lebak Sejahtera, karena itu, bantuan ini harus tepat sasaran kepada penerima yang berhak diberikan bantuan,” ujarnya

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Eka Dharma mengatakan, tujuannya untuk meningkatkan SDM dan merubah sikap serta prilaku Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) untuk dapat mengakses layanan kesehatan serta pendidikan, sehingga diharapakan dapat memutus rantai kemiskinan di Kabupaten Lebak.

“Memberantas kemiskinan adalah prioritas pemkab lebak. Sehingga program lebak sejahtera dapat terwujud dan tercapai realisasinya dengan tepat,” tuturnya. (Omat/twokhe@gmail.com)