SERANG – Tahun akademik 2016/2017, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyedian kuota mahasiswa baru 3.800 orang.

“Kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini mencapai 3.800 orang, yang dibagi tiga jalur, untuk mengisi 38 jurusan di 6 fakultas,” ungkap Kasub-Bag Humas Untirta Agus Tiar, kepada radarbanten online, Senin (7/3/2016).

Tiga jalur seleksi, lanjut Agus, yaitu seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) kuotanya 40 persen, seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) kuotanya 30, dan seleksi mandiri 30 persen.

“Untuk SNMPTN, alhamdulillah sudah dapat respons dari Dindik setelah pihak kampus melakukan sosialisasi kepada masing-masing Dindik di kabupaten dan kota di Banten. Dalam SNMPTN tidak melakukan tes, melainkan nilainya ditentukan dari nilai rapor yang dimasukkan ke PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa-red),” katanya.

Agus menjelaskan, salah satu persyaratan SNMPTN yakni siswa harus memiliki prestasi unggul. Yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah. Sekolah berakreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya. Akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya. Akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya. Akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya. “Ini akan diumumkan pada 10 Mei 2016,” katanya.

Sedangkan jalur SBMPTN dan Mandiri, lanjut dia, sesuai ketentuan Kemenristek Dikti, calon peserta bisa memilih teknis tes, mau tes tulis biasa atau menggunakan sistem komputer.

Siswa yang akan mengikuti seleksi diharapkan bisa instropeksi diri saat mengambil program studi dan perguruan tinggi, sehingga saat seleksi bisa masuk. (Fauzan Dardiri)