Taiwan Ajak Kerja Sama Pemprov Banten Soal Penanganan Tsunami

0
308 views
Kondisi rumah di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Kamis (27/12), usai dihantam tsunami.

SERANG – Pemerintah Taiwan menawarkan kerja sama kepada Pemprov Banten. Penawaran itu disampaikan langsung delegasi Kedutaan Besar (Kedubes) Taiwan yang datang ke Kantor Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Rabu (23/1).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banten Babar Suharso mengatakan, saat tsunami melanda Selat Sunda, ada lima warga Taiwan yang terdampak tsunami.

“Kedatangan mereka (delegasi Kedubes-red) ke sini untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan sigap yang diberikan Pemprov terutama untuk Pak Wagub (Andika-red),” ujar Babar di depan kantor Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Rabu (23/1).

Sebagai tindak lanjut ungkapan terima kasih, Babar mengungkapkan, delegasi Kedubes Taiwan datang menawarkan kerja sama. Diawali yang pertama adalah workshop atau pelatihan di Taiwan tentang kebencanaan seperti mitigasi, reduksi, antisipasi, hingga recovery.

“Nanti ada pengembangan teknologi untuk menciptakan kota yang siaga bencana,” ujarnya. Taiwan memberikan penawaran itu lantaran negara tersebut berpengalaman menghadapi tsunami. “Sering tsunami. Terpisah dari daratan China,” tutur Babar. (Rostinah)

BACA selengkapnya di koran Radar Banten atau versi digital di epaper.radarbanten.co.id. Saksikan juga di Banten Raya TV pada program SELAMAT PAGI BANTEN (07.00 WIB), BANTEN SIANG (13.00 WIB), BANTEN PETANG (17.00 WIB) dan BANTEN MALAM (21.00 WIB) di channel 50 UHF/702 MHz, atau melalui streaming www.barayatv.com/live.