Tak Ada Lahan, Gang pun Jadi Mirip Taman

0
317 views

BOJONEGARA – Gang-gang menjadi lebih indah. Warga telah membuatnya mirip taman bunga. Pemandangan ini terlihat di RW 04, Kampung Dukuh, Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara.

Warga mengubah gang-gang itu karena kampungnya tidak punya lahan yang dianggap memadai untuk dibuat taman bunga. Padahal, mereka sudah lama mendambakan taman bunga di kampungnya.

Tak ada rotan, akar pun jadi. Makanya, hampir seluruh rumah warga di RW 04 dihiasi dengan pot-pot berisi tanaman bunga atau tanaman hias lainnya. Kampung ini juga bersih. Tak ada sampah plastik berserakan. Pemandangan ini membuat terik matahari seakan tidak terasa.

Ketua RW 04 Mualif mengatakan, ketika Pemerintah Desa Margagiri mengumumkan RW ini diikutkan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020, warga menyambutnya dengan antusias. “Soalnya udah lama warga pengen menata lingkungan, tapi belum ada moment yang pas,” katanya kepada Radar Banten, Sabtu (14/11).

Dengan LKBA, kata Mualif, warga RW 04 bakal memperbanyak penghijauan dan tanaman bunga di seluruh gang. Sehingga, diharapkan seperti berada di taman.

“Supaya warga, terutama remaja, betah ada di kampung sendiri, enggak keluyuran kemana-mana,” ungkapnya.

Kepala Desa Margagiri Ruhul Amin menambahkan bahwa RW 04 memiliki dua RT, yakni RT 07 dan RT 08. Dua RT itu merupakan daerah padat penduduk. “Jadi penataannya juga menyesuaikan,” ujarnya.

Kondisi RW 04 itu tidak menjadi kendala bagi warga untuk menata kampungnya. Warga justru menjadikannya potensi.

“Kita utamakan penghijauan dan kebersihannya,” pungkas Ruhul. (mg06/don)