Tak Ada Mudik, Bandara Soekarno Hatta Lengang

Suasana lobi Bandara Internasional Soekarno-Hatta terlihat lengang, Senin (4/5)

TANGERANG – Bandara Soekarno Hatta tahun ini tidak melayani angkutan lebaran. Kebijakan itu sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang pengendalian transportasi mudik.

Executive General Manager Bandara Soetta PT. Angkasa Pura II Agus Haryadi mengatakan, Bandara Soetta tidak ditutup selama pandemi corona. Hanya saja yang dilayani penerbangan khusus dan angkutan kargo. Untuk penerbangan penumpang ditutup sementara.

“Sejak 24 April, kami sudah tidak melayani penerbangan penumpang. Itu dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona,”ujarnya di Terminal 1 B Bandara Soetta, Senin (4/5).

Agus menambahkan, masyarakat yang sudah terlanjur membeli tiket untuk mudik lebaran, diharapkan mendatangi perwakilan maskapai untuk dilakukan pengembalian uang. Atau mengubah jadwal penerbangan.

“Yang jelas, pada mudik tahun ini, kami tidak membuka penerbangan. Kami tidak mau, ada penumpang yang terinfeksi virus corona,”paparnya.

Sementara itu, Linda salah satu calon penumpang tujuan Jogjakarta, tahun ini bersama keluarga merencanakan mudik menggunakan pesawat terbang. Tetapi karena ada tidak melayani penerbangan untuk mudik, dia mendatangi salah satu maskapai untuk pengembalian uang.

“Saya sudah memesan tiket sejak awal Febuari lalu. Setelah dapat informasi bahwa tidak melayani mudik akhirnya saya minta dikembalikan saja uang yang sudah ditrasnfer,” pungkasnya. (asp/rbnn)