Tak Bisa Semua Ormas Bertemu Raja Salman

0
580 views
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Presiden Joko Widodo tiba di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3). Kedatangan mereka disambut hujan yang sangat deras. (RAKA DENNY/JAWA POS)

KUNJUNGAN Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia akan dimanfaatkan pula untuk membahas isu-isu toleransi dan keberagaman. Ada agenda khusus pertemuan Raja Salman dengan para ulama-ulama di kompleks istana kepresidenan, hari ini (2/3). Presiden Joko Widodo akan menjadi tuan rumah dalam pertemuan tersebut.

”Setelah beliau (Raja Salman, red) dari DPR lalu ke Masjid Istiqlal. Lalu dari Istiqlal ke istana dan bapak presiden yang jadi host yang mengundang pada pertemuan itu,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di samping Istana Negara, kemarin (1/3), dilansir JawaPos.com.

Pertemuan dengan pimpinan organisasi masyarakat (ormas) Islam itu akan membicarakan tentang pemanfaatkan agama untuk menciptakan peradaban dunia yang penuh kedamaian. Khususnya untuk pencegahan tindak kekerasan seperti terorisme hingga ekstrimisme. ”Itulah hal-hal yang akan lebih kita teguhkan melalui pertemuan itu,” tegas dia.

Peserta pertemuan itu terbatas hanya sekitar 25 orang yang mewakili ormas-ormas Islam yang berada di Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kementerian Agama masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan pihak protokol Kerajaan Arab Saudi untuk finalisasi ormas mana saja yang diundang.

”Tentu tidak bisa (mengundang seluruh ormas, red) karena tempatnya terbatas dan waktunya juga sangat terbatas. Sehingga memang sifatnya perwakilan saja,” tegas dia.

Pertemuan dengan ormas Islam itu berbeda dengan pertemuan lain yang melibatkan pemimpin dari lintas agama. Bila tidak ada perubahan, pertemuan itu akan diagendakan pada Jumat (3/3) siang. ”Tempatnya masih kita jajaki kemungkinanya,” imbuh Lukman. (jun/wan/JPG)