Tak Cuma Ditata, Peralatan di Pos Ronda RW 03 Nanggerang Dilengkapi

0
363 views

PETIR – Warga RW 03, Kampung Nanggerang, Desa Mekarbaru, Kecamatan Petir, tak hanya akan menata dan mendekorasi lingkungannya. Mereka juga bakal lengkapi alat keamanan di pos ronda. Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 jadi ajang warga RW ini untuk memperbaiki kampungnya.

Kampung di pinggir Jalan Raya Petir-Cikeusal ini masih asri. Meski warga belum bergerak menata lingkungannya, tapi kampung ini sudah terlihat hijau. Banyak tanaman dan kebun warga. Hanya saja, sampah masih berserakan. Pos rondanya pun masih hanya sekadar saung di pinggir jalan.

Ketua RW 03 Muhlis Hidayat menyadari potensi Kampung Nanggerang di sekitar perkebunan melinjo, bambu, dan berbagai macam tumbuhan lainnya itu. ”Di sini sudah hijau. Tinggal kita poles dikit dan perbaiki pos ronda,” katanya kepada Radar Banten pada Jumat (18/9) pekan kemarin.

Muhlis berencana memanfaatkan kebun bambu milik warga untuk bahan pembuatan pagar. Nantinya, akan dipasang di pinggir sepanjang jalan paving block. Pagar akan dicat warna-warni.

Bambu dari warga juga akan digunakan untuk terowongan. Tak hanya berfungsi sebagai hiasan, tapi juga untuk media tanaman merambat.

“Jalan jalan paving block juga akan dicat warna-warni, biar terlihat indah,” ujar Muhlis.

Untuk mewujudkannya, Muhlis mengaku akan mengajak warga, tokoh masyarakat, dan pemuda RW 03 memusyawarahkan rencananya itu terkait LKBA Kabupaten Serang 2020. ”Biar semua warga ikut gotong royong,” katanya.

Sementara, Ketua RT 10 RW 03, Kampung Nanggerang, Sonya Anwar mengaku siap membantu ketua RW 03 untuk menyukseskan penataan kampungnya. Terkait keamanan, Sonya akan berkomunikasi dengan anggota Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) terkait pengesahan kelompok sadar hukum dan kelengkapan alat keamanan di pos ronda.

”Pos ronda kami harus dihias juga supaya menarik,” katanya.

Rencana menghias pos ronda itu, menurut Sonya, agar warga lebih giat melaksanakan kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling) yang sudah rutin berjalan. ”Saya bakal bikin pos ronda jadi bagus. Maling juga kalau liat pos ronda bagus, pasti mikir dua kali mau beraksi di sini,” ucapnya. (mg06/don)