Tak Hadiri Tes Tertulis, Lima Calon Anggota Panwascam Kota Cilegon Gugur

Panwaslu Kota Cilegon

CILEGON – Tidak hadir saat diadakannya tes tertulis tanpa memberikan surat keterangan yang jelas, sebanyak lima orang calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kota Cilegon dinyatakan tidak lulus dan dianggap gugur. Tes tertulis yang digelar pada hari ini, Selasa (26/7), berlangsung di aula gedung Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Al-Khairiyah.

Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam, Suwardi mengatakan, lima orang yang dinyatakan tidak lulus tes ini padahal sebelumnya telah dinyatakan lulus tes administrasi dalam perekrutan calon anggota Panwascam. Dijelaskannya, tes tertulis yang digelar hari ini hanya berlangsung selama satu hari yang dimulai pada pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.

“Jadi yang tidak hadir langsung dianggap gugur, karena pada hari itu juga lembaran soal tes yang telah diisi akan diserahkan ke Bawaslu dan langsung dimusnahkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Suwardi menerangkan, untuk hari ini, calon anggota Panwascam yang mengikuti tes tertulis sebanyak 81 orang, dengan soal yang diujikan berupa pilihan ganda sebanyak 100 pertanyaan yang langsung didapatkan dari Bawaslu Provinsi Banten.

“Yang diujikan meliputi soal seputar tentang pemahaman dan undang-undang tentang Pemilu, panduan dan pedoman Pemilu, tahapan-tahapan Pemilu hingga fungsi lembaga pengawas dan mekanisme penindakan pelanggar Pemilu” katanya. (Riko)