Dua pelaku saat ekpose di Polres Cilegon.

CILEGON – Satreskrim Polres Cilegon mengamankan sebanyak 13 unit kendaraan bermotor roda dua (R2) hasil kejahatan dua sekawan, Madroi (34) dan Risno (29). Belasan motor berbagai jenis dan merek itu disita petugas dari tangan sejumlah penadah yang selama ini mendapatkan barang jarahan tersebut dari kawanan pelaku asal Desa Batu Hideung, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang ini.

“Kedua pelaku ini tadinya ditangkap warga. Waktu kita geledah, di sakunya ada kunci letter T. Setelah itu kita langsung lakukan pengembangan, dan kita dapatkan 13 kendaraan bermotor, semuanya di Pandeglang,” ungkap Kapolres Cilegon AKBP Anwar Sunarjo dalam keterangan persnya, Selasa (19/1/2016).
Diberitakan sebelumnya, kedua pelaku ini sempat babak belur diamuk warga RT 04 RW 04 Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon beberapa waktu lalu karena keduanya menunjukkan gerak gerik yang mencurigakan. Pada saat yang bersamaan, warga setempat juga mulai resah lantaran kampung mereka belakangan kerap dijadikan sasaran pelaku curanmor.

[BACA : Diduga Pelaku Curanmor, Dua Warga Pandeglang Bonyok Diamuk Massa]

“Saat dicurigai masyarakat itu, mereka berdua mengeluarkan golok sebelum akhirnya dilumpuhkan warga. Kita terus lakukan pengembangan, karena tidal menutup kemungkinan akan ada pelaku lain,” katanya.

Kedua pelaku selanjutnya akan dijerat dengan 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman tujuh tahun kurungan penjara. Sementara itu kedua pelaku menuturkan, tertangkapnya mereka oleh warga pada aksi kejahatan lalu lantaran persoalan sepele, yakni tersesat karena tidak tahu jalan.

“Tadinya memang niatnya mau metik (mencuri motor), tapi karena ngga hafal jalan, terus nyasar, malah dicurigai warga,” ungkap Risno, salah seorang pelaku. (Devi Krisna)