SERANG – Pasangan calon nomor urut satu, Vera Nurlaela Jaman – Nurhasan, tidak hadir pada diskusi panel di auditorium Universitas Banten Jaya (Ubaja), Kota Serang, Sabtu (10/3). Dua paslon lainnya, nomor urut dua Samsul Hidayat –Rohman dan paslon nomor urut tiga Syafrudin-Subadri Usuludin hadir dalam acara dikusi ilmiah yang membahas seputar tata ruang dan lingkungan di Kota Serang.

Tim kampanye pemenangan nomor urut satu Ratu Ria Maryana mengaku tidak mengetahui ada tembusan undangan, yang masuk pada acara diskusi panel di Unbaja. Ia sama sekali tidak mengetahui ada undangan untuk paslon Vera-Nurhasan. Menurutnya, bila ada surat undangan yang masuk, ia pasti akan menghadiri acara tersebut, meskipun diwakilkan dengan tim kampanye lainnya.

“Paslon tidak menerima undangan. Tadi saya sudah menanyakan ke tim, semuanya juga tidak menerima undangan. Nggak tahu nyampenya ke mana. Kami juga tidak mengikuti acara di sana. Bu Vera juga kurang sehat, Pak Nurhasan sedang ada agenda lain di luar kota,” terangnya saat dihubungi Radar Banten Onine, Sabtu (10/3).

Dihubungi terpisah, Ketua Tim Pelaksana Diskusi Panel Unbaja Andre Yulio menegaskan bahwa undangan sudah dilayangkan ke tiga paslon. Kata dia, undangan diberikan kepada ajudan Vera Nurlaela.

“Infromasinya sudah disampaikan. Tadi malam, kami sudah berkomuniaksi,  katanya beliau (Vera-red) sakit . Sampai ditunggu hingga jam sembilan pagi untuk menunggu nomor urut satu, juga tidak bisa hadir,” tuturnya.

Kepala Panwaslu Kota Serang Rudi Hartono mengungkapkan, panitia diskusi panel ini sudah menginformasikan sebelumnya ke Panwaslu dan KPU Kota Serang. Dalam diskusi tersebut, oleh panitia diskusi panel, seluruh paslon diundang.

“Diskusi panel ini memang harus dimasukkan jadwal kampnye paslon. Tapi sosialisasi khusus untuk mahasiswa. Kalau pun ada satu paslon yang tidak bisa hadir, yang penting panitia sudah mengundang tiga-tiganya,” paparnya.

Padahal, menurutnya diskusi panel ini sangat baik untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa dan memberikan pencerahan siapa calon yang memiliki visi-misi sesuai harapan warga Kota Serang, khususnya dalam mengatasi persoalan lingkungan di Kota Serang. “Sebenarnya, kalau visi-misi ini tidak harus paslon, boleh diwakilkan sama tim sukses, karena ini program kampanye,” terangnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).