Tak Lagi Kumuh, RT 02 Kewunen Lebih Berwarna

0
928 views

WALANTAKA – Warga RT 02 RW 05, Lingkungan Kewunen, Kelurahan Teritih, Kecamatan Taktakan, bisa tersenyum lebar. Salah satu RT yang mendapat banyak kritikan dari juri pada penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 ini, sekarang sudah bersih. Lingkungannya lebih berwarna.

RT 02 terlihat tak lagi kumuh. Sampah plastik tidak lagi berserakan di jalan. Di pinggir jalan pun sudah cicat warna-warni. 

“Alhamdulillah, sekarang jadi berwarna,” kata Ketua RT 02 Saripudin kepada Radar Banten, Rabu (2/7)

Kegiatan gotong royong, kata Saripudin, dilakukan setiap hari Jumat. Mulanya, ia bersama warga kerja bakti membersihkan lingkungan. Kemudian, melakukan pengecatan.

“Yang dicat cuma pinggirnya aja. Soalnya, jalannya masih rusak,” keluh Saripudin.

Ia berencana akan memasang pagar dari bambu di pinggir jalan sepanjang 400 meter. Tempat sampah juga akan dibuat untuk menampung sampah rumah tangga warga RT ini. Rencana ini, lanjut Saripudin, akan dilaksanakan pekan depan. Pekan ini, warga masih fokus mengecat.

“Kita targetkan pertengahan Juli penataannya sudah selesai,” ungkapnya.

Saripudin berharap, dengan LRLA Kota Serang, warganya dapat mengubah pola hidup yang tadinya tidak peduli terhadap lingkungan, menjadi peduli dengan kebersihan dan keamanan lingkungannya.

“Semoga enggak ada yang buang sampah sembarangan lagi,” harapnya.

Lurah Teritih Hidayatullah mengaku optimistis, warganya bisa bersaing dengan RT lain di Kecamatan Walantaka, bahkan se-Kota Serang, di LRLA. Soalnya, penataan lingkungan RT 02 benar-benar dilakukan dari nol.

“Sekarang sudah enggak kumuh lagi. Saya bangga sama semangat warga,” aku Hidayatullah. (mg06/don)