Tak Lolos Ramp Check,  Ratusan Bus di Terminal Pakupatan Batal Beroperasi

0
1.146 views
SERANG – Ratusan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di terminal Pakupatan, Kota Serang batal beroperasi mengatarkan pemudik kembali ke rantauan akibat tidak lolos uji kelaikan atau ramp check yang dilakukan pengelola terminal.
Kepala Terminal Pakupatan Roni menjelaskan, setiap hari sejak hari raya idul fitri hingga kemarin 25 persen dari bus yang beroperasi dipaksa kembali dan tidak boleh mengatarkan penumpang.
“Yang gagal ramp check kita perintahkan untuk kembali ke pool nya dan harus ganti bus,” ujar Roni kepada Radar Banten Online di ruang kerjanya,  Kamis (29/6).
Menurutnya sejak hari kedua hari raya idul fitri hingga kemarin, setiap harinya lebih dari 700 bus yang beroperasi di terminal Pakupatan,  dan rata-rata 25 persen dari jumlah bus tersebut tidak lolos ramp check.
“Hari kedua hari raya idul fitri ada  764 bus beroperasi,  H+1 808 bus,  dan H+2 ada 968 bus,” ujar Roni.
Mayoritas bus-bus tersebut tak lolos ramp check dari sisi administrasi seperti KIR dan izin yang telah mati. Sejauh ini,  sudah ada 74.149 masyarakat Banten yang telah kembali ke rantauan melalui terminal pakupatan.  Diprediksi puncak arus balik akan terjadi mulai besok hingga Senin mendatang.  (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)