Tak Pernah Masuk Kerja, Dua ASN Pemprov Banten Dipecat

SERANG – Dua Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten dipecat. Keduanya dipecat karena melanggar aturan disiplin kepegawaian. Hal tersebut diungkapkan oleh Asisten Daerah III Provinsi Banten Samsir.

“Enggak pernah masuk kerja, males,” kata Samsir saat dijumpai di gedung Kantor Terpadu KP3B, Kamis (22/2).

Samsir menjelaskan, berdasarkan catatan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) keduanya tidak masuk kerja selama beberapa bulan. Belum diketahui secara pasti alasan keduanya tidak masuk kerja, namun Samsir menduga ada faktor lain di luar tugas kepemerintahan.

Ditanya terkait identitas kedua pegawai yang dipecat, Samsir enggan mengungkapkan, begitu juga dengan nama dinas tempat kedua pegawai tersebut bekerja. Yang jelas menurutnya, salah satunya adalah seorang pejabat.

Menurut Samsir, Pemprov Banten saat ini bersikap tegas terhadap kedisiplinan dan kinerja pegawai. Pelanggaran yang dilakukan pegawai akan disikapi secara serius oleh pemerintah.

“Sanksi bisa diturunkan jabatan, jabatannya dicopot, atau dipecat sebagai ASN,” kata mantan Kepala BKD tersebut.

Sebetulnya, lanjut Samsir, setiap tahunnya Pemprov Banten terus memberikan sanksi kepada pegawai yang tidak disiplin, hanya saja tidak diekspose oleh pemerintah. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)