Tak Punya Ijazah Ikutan Daftar Pilkades

Hasil Verifikasi Berkas oleh Bagian Hukum

SERANG – Sejumlah bakal calon kepala desa (balon kades) menyerahkan berkas persyaratan pencalonan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak kepada Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Serang untuk diverifikasi, Jumat (13/9/2019). Beberapa balon kades masih belum memenuhi persyaratan seperti tidak melampirkan ijazah dengan alasan hilang, ada pula yang sudah pernah menjabat kades selama tiga periode.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Dokumentasi Hukum pada Bagian Hukum Setda Pemkab Serang Lalu Farhan Nugraha Rais mengatakan, kedatangan para bakal calon kades untuk mengikuti tahap verifikasi berkas persyaratan menjadi calon kades pada pilkades serentak tahun ini. “Hari ini (kemarin-red) hari kedua tahap verifikasi, insya allah Senin (16/9) selesai,” ujar Farhan.

Dikatakan Farhan, persyaratan menjadi calon kades pada pilkades serentak minimal memiliki ijazah SMP dan kelengkapan lainnya, seperti surat kesehatan, surat keterangan catatan kelakuan baik (SKCK) dari kepolisian, dan surat keterangan tidak menjadi kades tiga periode. “Hasil verifikasinya langsung keluar. Kita sangat teliti. Kemaren ada yang hilang ijazahnya, juga menemukan calon kades yang sudah tiga periode, kita kembalikan berkasnya khawatir jadi masalah dengan alasan apapun,” tegasnya.

Farhan pun menyebutkan, sejumlah pelamar pilkades di antaranya berasal dari tokoh masyarakat dan pengusaha. “Banyak juga petahana yang ingin kembali berkompetisi,” ungkapnya. 

Saat ini, lanjut Farhan, pihaknya masih menunggu berkas dari calon lainnya yang masih melengkapi berkas. Katanya, RSUD dr Dradjat Prawiranegara saat ini juga sudah membuka untuk tes kesehatan dan bebas narkoba. “Setelah ini tahapannya kita tinggal menunggu tindak lanjut dari DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa),” terangnya.

Farhan menambahkan, pihaknya baru menerima 70 berkas calon kades, 10 berkas di antaranya calon kades dari kalangan perempuan. (Nizar Solihin)