Kartu Identitas Anak

SERANG – Tidak masuk 50 Kabupaten/Kota yang menjadi pilot project kementrian dalam negeri (Kemendagri) untuk pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA). Kota Serang akan buat KIA pada tahun 2017 mendatang.

“Karena kita belum dapat edaran dari Kemendagri, penunjukan sebagai kota percontohan KIA di tahun ini. Jadi kemungkinan Kota Serang akan lakukan pembuatan KIA pada tahun 2017,” ungkap Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang, Hudori KA kepada Radar Banten Online, Senin (15/2/2016).

Hudori menjelaskan, informasi yang diperoleh pihaknya pada bulan Maret tahun 2016 ada sekitar 50 Kabupaten/Kota yang akan membuat KIA, sedangkan sekitar 500 Kabupaten/Kota akan dibuat pada 2017.

“Keputusan ini sesuai Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, terdapat dua jenis kartu anak uang akan diterbitkan pemerintah pusat yaitu untuk anak usia 0-5 tahun dan untuk anak 5-17 tahun,” katanya.

Hudori menambahkan, bahwa sesuai dengan ketentuan Permendagri tersebut, anak terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan diantatanya, kutipan fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukjan kutipan akta kelahiran asli, KK asli orangtua dan KTP asli kedua orang tua. (Fauzan Dardiri)