Taman di RT 02 Cinanggung Hampir Rampung

SERANG – Sebuah taman tengah di bangun. Lokasinya di halaman sebuah rumah yang sudah lama ditinggalkan pemiliknya. Taman bermain anak yang ditanami tanaman sayur ini berada di RT 02 RW 03, Lingkungan Cinanggung, Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang.

“Kami memanfaatkan halaman rumah yang sudah lama tidak diisi. Kami mengubah halamannya jadi taman bermain dengan beberapa spot selfie. Untuk tanamannya, kami lebih banyak menggunakan sayuran, sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh warga,” ungkap Ketua RW 03 Haripan Sepono pada Kamis (13/8).

Menurut lelaki yang biasa disapa Ripan tersebut, pemanfaatan halaman itu atas seizin pemiliknya. Pemilihan lokasi taman ini juga karena letaknya di di depan gerbang masuk lingkungan RW 02. “Jadi kalau tidak kami tata, penataan kami di sekitarnya akan menjadi percuma,” jelasnya.

Penghijauan di kampung ini juga cukup bagus. Warganya menanam tanaman di halaman rumah. Hampir di semua lingkungan RT ini pun dilengkapi tanaman hijau. Di gang masuk perkampungan ini, penghijauan dilakukan dengan konsep vertical garden. Tanaman digantung di tembok dan berbaris lurus ke atas.

“Harus dengan konsep itu (vertical garden-red) karena di permukiman warga, lahan untuk penghijauan bisa dibilang sangat terbatas. Tanaman yang kami gunakan tetap sayuran,” kata Mukhtar, penggerak penataan lingkungan RT 02, menambahkan.

Menurutnya, pembuatan taman di RT 02 baru mencapai 80 persen. Masih ada beberapa penambahan lagi seperti pembuatan tempat cuci tangan dan perpustakaan mini.

“Penghijauan di sisi kiri jalan juga akan ditambah, supaya imbang dengan sisi kanan jalan yang sudah ada tamannya,” ungkap Mukhtar. (rio/don)