Taman Mini di Karundang Gili

CIPOCOK JAYA – Taman kecil atau taman mini menjadi konsep penataan lingkungan di RT 04 RW 05, Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya. Pertimbangannya, taman ini juga berfungsi untuk antisipasi tanah longsor.

Warga telah memilih lokasi pembangunan taman mini ini. Yakni, di pinggir jalan yang tanahnya curam seperti di pinggir tebing. Taman ini tidak hanya untuk penghijauan dan untuk mempercantik lingkungan RT 04.  “Kan tanahnya agak menjorok ke bawah, jadi untuk keamanan warga juga,” jelas Ketua RT 04 Imam, Selasa (21/4).

“Penataan yang sudah dilakukan adalah pemagaran, pengecatan, pembangunan gapura, dan penghijauan,” ujar Imam. Tanaman yang digunakan, lanjutnya, adalah jenis sayur, bunga, dan bonsai.

Lurah Karundang Masreni mengakui, dari enam RT di wilayahnya yang ikut LRLA, pihaknya baru fokus menata lingkungan RT 04 RW 05. Penataan lima RT lain akan dilakukan setelah kegiatan di RT 04 rampung.

“Kita fokus di RT itu (RT 04 RW 05-red) dulu. Di RT lain, kita imbau untuk penataan masing-masing halaman rumah warga dulu,” jelasnya.

Masreni berharap, gotong royong penataan lingkungan dapat mengubah kebiasaan warga yang masih suka membuang sampah sembarangan. “Kalau lingkungannya sudah indah, warga juga akan segan buang sampah sembarangan. Warga juga tergerak untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya,” tutupnya. (rio/don)